Biden: Perang Lawan Covid-19 Masih Jauh dari Kemenangan

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan bahwa pertempuran melawan pandemi covid-19 masih panjang. Bahkan, ada kemungkinan AS menghadapi gelombang keempat mengingat lonjakan kasus selama beberapa waktu terakhir.

“Pekerjaan kita masih jauh dari selesai. Perang melawan covid-19 masih jauh dari kemenangan,” kata Biden seperti dilansir AFP, Selasa (30/3).

Biden mengungkapkan virus corona masih menyebar dengan cepat di negeri Paman Sam. Alhasil, jumlah kasus masih menanjak.

Menurut Biden, salah satu faktor pemicunya adalah perilaku warga yang mengabaikan peringatan terkait virus corona. Padahal, mereka dalam perlombaan hidup dan mati.

“Sayangnya, beberapa perilaku sembrono yang kita lihat di televisi selama beberapa minggu terakhir berarti semakin banyak yang baru,” ujarnya.

Sebagai upaya antisipasi, pemerintah AS mengumumkan rencana untuk mempercepat upaya vaksinasi dengan menargetkan 90 persen orang dewasa bisa mengakses vaksin covid-19 pada 19 April 2020.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah akan meningkatnya jumlah apotek yang berpartisipasi dalam program imunisasi federal dari 17 ribu menjadi hampir 40 ribu. Dengan kebijakan itu, 90 persen orang dewasa bisa mengunjungi fasilitas vaksinasi dengan jarak terjauh 5 mil dari tempat tinggalnya.

Kemudian, pemerintah AS juga mengucurkan anggaran US$100 juta untuk vaksinasi warga lanjut usia yang rentan dan berisiko serta kaum disabilitas.

Sebagai informasi, jumlah kasus covid-19 terus menanjak sepekan terakhir dengan rata-rata penambahan 600 ribu kasus per hari.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *