MotoGP 2021, Peluang Valentino Rossi Juara Dunia Masih Terbuka

Peluang pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, untuk menjadi juara dunia MotoGP 2021 dinilai masih terbuka meskipun sangat kecil. Hal itu diungkapkan pengamat senior MotoGP yang juga pernah menjadi manajer Valentino Rossi, Carlo Pernat. Pernat menilai Valentino Rossi yang kini sudah berusia 42 tahun masih mampu bersaing dengan banyak pebalap muda MotoGP.

Satu hal yang membuat Pernat yakin dengan pendapatnya adalah karena Valentino Rossi memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Pernat menilai besar kecilnya peluang Valentino Rossi menjadi juara dunia musim ini akan ditentukan dari performanya pada beberapa seri awal. Jika Valentino Rossi berhasil memulai MotoGP 2021 dengan baik, Pernat yakin peluang itu akan sangat besar.

“Sejujurnya, meski Valentino Rossi saat ini terlihat fit, sulit bagi saya untuk berpikir dia bisa bersaing dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021,” kata Pernat dikutip dari situs Motosan.es. “Saya menilai rekan satu tim Valentino Rossi (Franco Morbidelli) terlihat lebih baik,” ujar Pernat menambahkan.

“Namun, jika Valentino Rossi masuk dalam persaingan, mustahil mengatakan dia tidak berpeluang menjadi juara dunia,” tutur Pernat menambahkan. “Sebab, tingkat batasan Valentino Rossi tidak sama dengan pebalap biasa lain. Dia sudah membuktikan itu bertahun-tahun,” ucap Pernat.

“Bergabung dengan tim baru (Petronas Yamaha SRT) akan menjadi penyemangat yang luar biasa untuk Valentino Rossi,” ujar Pernat menambahkan.

Lebih lanjut, Pernat mengaku kesulitan menebak kandidat terkuat dalam persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021.

Pernat hanya bisa memprediksi bahwa Ducati berpeluang menjadi penguasa seri pertama dan kedua MotoGP 2021 yang akan dihelat di Sirkuit Losail, Qatar.

Hal itu tidak lepas dari kesuksesan Jack Miller
(Ducati) yang berhasil menjadi pebalap terbaik pada tes pramusim MotoGP 2021.

“Seluruh pebalap memiliki kecepatan. Saat tes pramusim, kita melihat bahwa Ducati mungkin lebih unggul daripada yang lain. Penampilan Jack Miller menjadi buktinya,” kata Pernat.

“Namun, di Portimao (venue seri ketiga MotoGP 2021), keuntungan Ducati mungkin akan berkurang,” ujar Pernat.

“Saya seharusnya memberi lima atau nama pebalap yang mungkin menjadi kandidat terkuat juara dunia musim ini. Namun, itu tidak masuk akal,” tutur Pernat menambahkan.

Seri pertama Kejuaraan Dunia MotoGP musim ini akan dihelat di Sirkuit Losail, Minggu (28/3/2021), dengan tajuk MotoGP Qatar.

Satu pekan berselang, Sirkuit Losail kembali menjadi tuan rumah balapan kedua, tetapi dengan perubahan nama seri menjadi MotoGP Doha.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *