Pemeran The High Chaparral, Henry Darrow, Meninggal Dunia

Aktor asal Amerika Serikat, Henry Darrow, meninggal dunia pada Minggu, 14 Maret 2021, di usianya yang ke-87 tahun.

Henry Darrow terkenal lewat perannya sebagai Manolito Montoya pada 1960-an dalam serial televisi The High Chaparral.

Juru bicara Darrow, Michael B. Druxman mengumumkan berita duka itu melalui laman Facebook-nya pada Senin (15/3/2021).

“Beristirahatlah dengan damai, temanku. Kamu akan dirindukan,” tulis Michael B. Druxman seperti dilansir Kompas.com dari People, Rabu (17/3/2021).

Darrow lahir dengan nama Enrique Tomàs Delgado Jr. pada tahun 1933 di New York City dari orangtua bernama Gloria dan Enrique yang mengelola sebuah restoran.

Menurut Hollywood Reporter, saat remaja, Darroe dankeluarga kembali ke negara mereka, Puerto Rico.

Di sana, Darrow tumbuh dan kuliah sebelum pindah ke Pasadena, California pada 1954.

Henry Darrow muncul di berbagai acara televisi dan drama sebelum berperan dalam The High Chaparral yang ditayangkan NBC pada 1967 hingga 1971.

Dalam wawancara pada 2015, Darrow mengenang momen ketika sutradara serial tersebut, David Dortort, melihatnya selama produksi di atas panggung dari The Wonderful Ice Cream Suit milik Ray Bradbury.

“Saya berkata, ‘Saya ingin berbicara bahasa Spanyol dan bahwa saya akan belajar bahasa isyarat India,” kenangnya.

“Saya berkata, ‘Saya siap membaca untuk bagian itu’. Dan David Dortort menjawab, ‘Anda tidak perlu. Anda mengerti. Anda membujuk kami untuk melakukannya’,” lanjutnya.

Selain perannya dalam The High Chaparral, Darrow juga berperan sebagai detektif polisi Manny Quinlan di musim pertama Harry O ABC pada pertengahan 1970-an.

Henry Darrow menerima Daytime Emmy Awards pada 1990 untuk perannya sebagai Rafael Castillo di serial NBC, Santa Barbara.

Menyusul berita duka Darrow, Screen Actors Guild (SAG) menyebut mendiang adalah aktor kebanggan Puerto Rico.

“Kemi menghormati karier dan pencapaian Henry Darrow, kebanggan Puerto Rico dan anggota Dewan SAG dari 1970-1973. Kami turut berbela sungkawa kepada keluarganya. #Sagaftramember sejak 1958,” tulis organisasi itu di Twitter.

Bersamaan dengan anggota lama SAG-AFTRA, Darrow ikut mendirikan Screen Actors Guild Ethnic Minority Committee pada 1972 bersama aktor Ricardo Montalbàn, Edith Diaz, dan Carmen Zapata.

Robert Beltran, yang berakting bersama Henry Darrow menyebutnya sebagai aktor dengan peringkat tertinggi dalam penghormatan terakhir di Twitter pada hari Selasa lalu.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *