Disaksikan Jokowi, DKI Jakarta Raih Penghargaan BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai daerah yang dinilai sukses menghadapi kebencanaan.

Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, DKI menerima penghargaan dalam kategori penyiapan perencanaan kesiapsiagaan dan kajian risiko bencana.

“Semua petugas lintas Dinas, ASN, semua warga Provinsi DKI Jakarta berkontribusi besar untuk penghargaan ini. Semua berhak berfoto dengan penghargaan ini, kami hanya mewakili,” kata Riza dikutip dari keterangannya, Jumat (12/3).’

Dia berkata bahwa penghargaan tersebut memberi motivasi untuk terus meningkatkan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam mengantisipasi dan menangani bencana di Ibu Kota.

Dia menilai, penghargaan tersebut bukan hanya untuk Pemprov DKI, melainkan untuk semua masyarakat dan pihak yang selama ini peduli pada penanganan bencana di DKI, terutama selama masa pandemi.

“Juga TNI-Polri, Tagana, LSM, ormas-ormas, seluruh masyarakat. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kolaborasi dan kerja sama yang baik ini,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam pemberian penghargaan, menyampaikan terima kasih kepada BNPB dan masyarakat yang terus terlibat dalam menangani krisis beberapa waktu terakhir. Dia turut mengingatkan urgensi tanggap darurat sebab Indonesia merupakan negara yang rawan bencana.

Menurutnya, Indonesia masuk dalam 35 negara yang paling rawan bencana. Jokowi berharap, semua pihak perlu memperhatikan tata ruang dalam membuat grand design, tidak hanya sibuk membuat aturan, tapi juga pelaksanaan di lapangan.

“Saya ingin mengingatkan kita semua, Indonesia masuk 35 negara rawan bencana. Kita menduduki ranking tinggi negara rawan bencana,” kata Jokowi.

“Apa yang di hulu, tengah, pinggir, tidak boleh ada ego sektoral, ego daerah. Manajemen tanggap darurat penting sekali dalam menangani bencana. Harus terus diperbaiki,” imbuh Jokowi.

Selain DKI, sejumlah provinsi lain yang menerima penghargaan tersebut yakni Provinsi Papua Barat, Kota Ambon, Kab. Aceh Besar, Provinsi NTB, Provinsi Jawa Barat, dan Kota Kupang.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *