Brigjen Mathius Jadi Kapolda Papua Gantikan Paulus Waterpauw

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Brigjen Mathius D. Fakiri sebagai Kapolda Papua menggantikan Irjen Paulus Waterpauw.

Paulus kini dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan atau Kabaintelkam Markas Besar Polri.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor KEP/376/II/2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri.

Mathius sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua. Sementara Paulus akan menggantikan posisi Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang dimutasi menjabat Kalemdiklat Mabes Polri.

Posisi yang ditinggalkan Mathius sebagai Wakil Kapolda Papua selanjutnya akan dijabat oleh Komisaris Besar Eko Rudi Sudarto. Eko saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Operasi Analisa dan Evaluasi Korbinmas Baharkam Polri.

Nama Mathius Fakiri mencuat saat terjadi insiden penembakan pendeta Yeremias Zanambani yang diduga dilakukan oleh oknum aparat di Papua beberapa waktu lalu.

Mathius bersama jajaran terkait sempat menemui keluarga korban dan mendengar keterangan langsung dari istri almarhum pendeta Yeremias.

Saat pertemuan itu, Mathius menyampaikan pihak kepolisian akan melakukan penegakan hukum bagi siapa saja yang melakukan tindakan kriminal.

Selain Paulus, Kapolri Listyo juga memutasi jabatan dua jenderal bintang tiga lain yakni Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim dan Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kabarhakam Polri.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *