Mino dan Seung-yoon WINNER Resmi Jadi Anggota Penuh KOMCA

Song Mino dan Kang Seung-yoon WINNER resmi menjadi anggota penuh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA). Hal tersebut terlihat dari pengumuman KOMCA tentang promosi menjadi anggota penuh tahun ini pada Rabu (27/1).

KOMCA merupakan kumpulan hak cipta nirlaba yang bertujuan meningkatkan budaya musik di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual pemegang cipta. Mereka juga memastikan kemudahan pengguna bagi pendengar.

KOMCA didirikan pada 1964 dan organisasi ini memiliki basis data hak cipta sekaligus para pemegang kekayaan intelektualnya.

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA. Namun, mereka akan menjadi anggota junior. Setiap tahun, dewan direksi hanya akan memilih 25 anggota junior untuk dipromosikan menjadi anggota penuh.

25 anggota junior tersebut terdiri dari 22 kategori mainstream dan tiga lainnya non-mainstream.

Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan promosi, seperti mempertahankan keanggotaan KOMCA junior selama tiga tahun atau lebih dan menerima royalti dari properti hak cipta mereka setiap tahun. Pemilihan dilakukan dewan direksi.

Apabila mendapat promosi dan menjadi anggota penuh KOMCA, maka musisi tersebut berhak memberikan suara dalam rapat umum organisasi.

Tahun ini, Mino dan Seung-yoon WINNER mendapatkan promosi bersama beberapa musisi lainnya seperti Sunwoo JungA, Changmo, Loco, Roy Kim, Maktub, dan masih banyak lainnya.

Seperti dilansir Star News via Naver, musisi lain yang dipromosikan adalah Go Hyung-suk yang menciptakan lagu Maybe It’s Not Our Fault (Baek Yerin), Kim Hyun-woo penulis lagu Every Day, Every Moment (Paul Kim), Lee Joon-ho pembuat lagu Like It (Yoon Jong-shin), serta produser musik Jung Je-il.

Dalam keputusan tahun lalu, beberapa idol juga resmi menjadi anggota penuh KOMCA. Mereka ialah RM dan J-Hope BTS, Paul Kim, Jay Park dan Giriboy.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Korean Area

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *