Jokowi Targetkan Vaksinasi 1 Juta Orang Per Hari

Presiden Joko Widodo yakin Indonesia bisa melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap satu juta orang dalam sehari. Dia menilai Indonesia punya modal layanan kesehatan yang baik.

Jokowi mengatakan ada 30 ribu vaksinator di Indonesia. Para petugas vaksin itu, kata Jokowi, telah terbiasa melakukan imunisasi setiap tahun.

“Hitung-hitungan 30 ribu vaksinator, satu hari bisa kerjakan 30 orang divaksin. Sehari artinya sudah hampir 1 juta. Ini angka yang besar sekali,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/1).

Jokowi juga menyampaikan Indonesia memiliki 3 ribu rumah sakit. Selain itu, Indonesia juga punya 10 ribu puskesmas di seluruh daerah.

Menurut Jokowi, fasilitas kesehatan puskesmas jadi kekuatan Indonesia. Sebab bisa melayani vaksinasi hingga ke tingkat bawah.

“Negara lain enggak punya, puskesmas enggak punya, kita memiliki. Yang setiap tahun juga melakukan vaksinasi, imunisasi, terhadap anak-anak kita,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata pemerintah hendak menuntaskan vaksinasi dalam kurun waktu satu tahun.

“Bagaimana bisa dipercepat, bagaimana bisa dilakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo secepat-cepatnya karena kita punya kekuatan,” ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia telah memulai vaksinasi Covid-19 sejak Rabu (13/1). Pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 181,5 juta orang penduduk demi mencapai herd immunity.

Guna mencapai target, pemerintah berencana mendatangkan 426 juta dosis vaksin. Vaksin-vaksin itu rencananya didatangkan dari perusahaan internasional, seperti Sinovac, AstraZaneca, Pfizer, Novavax, dan Gavi.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *