Gempa Kembali Guncang Sulbar, Magnitudo 4,2

Gempa kembali terjadi di Majene, Sulawesi Barat dengan kekuatan magnitudo 4,2 pada hari ini, Senin (18/1). Gempa terjadi pada pukul 11:11 WIB atau 12:11 WITA dan terasa hingga Mamuju.

Merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG), pusat gempa berada di darat. Tepatnya di 16 kilometer timur laur Majene dengan kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada di 2.91 LS, 118.99 BT.

Gempa tersebut merupakan yang ke sekian kalinya terjadi di dekat wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Sebelumnya sempat terjadi gempa dengan kekuatan yang lebih besar.

Sebelumnya, gempa terjadi pada Kamis lalu (14/1) dengan magnitudo 5,9. Gempa kembali terjadi pada Jumat dini hari (15/1). Dampaknya lebih besar.

Akibat gempa, tak sedikit bangunan yang hancur di Mamuju. Termasuk gedung Pemprov Sulbar. Puluhan sekolah rusak. Begitu pula dengan sejumlah fasilitas umum. Listrik pun mati.

Korban jiwa berjatuhan akibat gempa. Hingga saat ini, tim gabungan sudah menemukan 81 korban tewas. Sebanyak 70 orang, dan 11 sisanya dari Kabupaten Majene.

Masyarakat setempat yang terdampak membutuhkan bantuan. Sejauh ini, sejumlah petinggi negara sudah meninjau langsung kondisi Sulbar pascagempa. Salah satunya Menteri Sosial Tri Rismaharini.

BMKG juga sudah memprediksi bakal ada gempa susulan. Menurut BMKG, gempa yang terjadi adalah jenis kerak dangkal yang membuat sesar aktif, sehingga berpotensi terjadi gempa-gempa susulan.

Hingga saat ini, warga masih trauma dengan gempa yang telah merusak banyak sedikit bangunan dan merenggut puluhan nyawa. Warga juga dikabarkan sempat menjarah bantuan yang tengah berada di perjalanan menuju tempat terdampak gempa.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *