Luapan Kecewa Pelatih Persib soal Ketidakjelasan Kompetisi

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, kecewa dengan ketidakjelasan jadwal lanjutan Liga 1 2020. Penyelenggaraan kompetisi strata tertinggi sepak bola Indonesia itu ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020 lantaran wabah virus corona. Sejatinya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sempat mengupayakan agar Liga 1 2020 bisa dilanjutkan pada 1 Oktober 2020. Sejumlah perencanaan pun sudah disusun, salah satunya memusatkan semua pertandingan di Pulau Jawa.

Semua kontestan kompetisi pun sudah melakukan persiapan sejak awal September 2020. Sayangnya, beberapa pekan sebelum lanjutan kompetisi digelar, PSSI dan PT LIB terpaksa membatalkan rencana melanjutkan kompetisi pada 1 Oktober 2020. Alasannya, karena tidak keluarnya izin dari pihak kepolisian. Merespons keputusan tersebut, PSSI dan PT LIB pun berencana memutar lanjutan Liga 1 2020 pada Februari 2021. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi terkait jadwal pasti lanjutan kompetisi.

“Seperti yang pernah saya katakan, kecewa, karena saya pikir kami sudah cukup diberikan waktu. Seharusnya (liga) sudah dimulai Juli lalu menjadi September,” kata Alberts saat dihubungi, Senin (04/01/2020). “Kemudian September menjadi Oktober dan setelah itu kami mendengar (akan digelar) pada Februari, tetapi hingga sekarang belum juga ada klarifikasi. Jadi, tentu saya kecewa,” kata dia. Kekecewaan Alberts didasari karena ketidakjelasan jadwal lanjutan kompetisi mengakibatkan efek domino. Tidak hanya melibatkan para pemain, pelatih, atau staf tim, tetapi juga keluarga mereka.

Belum lagi banyak klub juga merasakan langsung dampak ketidakjelasan kompetisi. Beberapa kontestan Liga 1 2020 banyak yang kehilangan pemainnya, terutama pemain asing.

Bahkan, Persebaya Surabaya dan Madura United memutuskan untuk membubarkan skuadnya.

“Ini melibatkan kehidupan dari banyak orang dan saya pikir sudah banyak orang yang telah meninggalkan ‘gua yang gelap’ ini,” tutur Alberts.

“Saya pikir ini tentu menjadi sinyal yang buruk (karena sepak bola masih terpuruk). Kami layak mendapat yang lebih baik, untuk sepak bola Indonesia dan para suporternya,” kata dia.

Belum adanya kepastian lanjutan kompetisi membuat tim pelatih Persib memperpanjang masa libur pemain hingga adanya kepastian soal jadwal.

Sebelumnya, skuad Maung Bandung akan dikumpulkan kembali pada 4 Januari 2021, sejak mulai diliburkan pada awal November 2020.

Meski masa libur diperpanjang, para pemain Persib tetap diwajibkan menjalani program latihan mandiri.

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *