Kim Jong-un Gelar Kongres Politbiro Korut Awal Januari

Korea Utara berencana menggelar Kongres Politbiro, badan politik tertinggi negara, pada awal Januari mendatang.

Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan memimpin pertemuan Politbiro pada Rabu (29/12) untuk mempersiapkan pertemuan langka tersebut.

Kongres tersebut diprediksi akan berfokus menetapkan rencana ekonomi dan politik baru Korea Utara. Pertemuan ini yang pertama dalam lima tahun terakhir.

Kongres Politbiro sejauh ini juga baru berlangsung tujuh kali dalam sejarah Korea Utara.

Menurut kantor berita Korea Utara, KCNA, dalam pertemuan Politbiro kemarin, Kim Jong-un dan pejabat tinggi lainnya sepakat mengadakan kongres tersebut pada awal Januari.

“Pertemuan itu mencakup studi dan diskusi mendalam tentang serangkaian masalah penting,” bunyi laporan KCNA.

Namun, KCNA tak menjabarkan tanggal pasti pertemuan tersebut.

Dikutip AFP, Korea Utara masih terdampar krisis ekonomi yang semakin kronis. Pertemuan Politbiro sebelumnya juga sempat dibatalkan lantaran krisis tersebut.

Pertemuan Politbiro terakhir pada Agustus lalu menyimpulkan bahwa “tujuan meningkatkan ekonomi nasional telah sangat tertunda.”

Pada Oktober lalu, Kim Jong-un dikabarkan sempat memerintahkan seluruh industri di Korea Utara meningkatkan kinerja mereka selama 80 hari untuk menggenjot perekonomian menjelang kongres pada Januari mendatang.

Perintah itu menjadikan jam kerja ekstra panjang dan tugas tambahan untuk para pekerja.

Nasib Korea Utara juga diperparah oleh sanksi internasional yang masih diterapkan demi meredam ambisi Kim Jong-un mengembangkan hulu ledak nuklir dan rudal balistik.

Kongres Politbiro pada Januari mendatang akan berlangsung menjelang pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, pada 20 Januari.

Selama empat tahun terakhir, relasi AS dan Korut sangat dinamis. Meski Presiden Donald Trump mencetak sejarah karena berhasil mengajak Kim Jong-un bertemu beberapa kali, relasi Korut-AS tidak benar-benar berubah.

Walau Trump dan Kim Jong-un sempat mencapai kesepakatan denuklirisasi, relasi Washington dan Pyongyang kembali menegang lantaran kedua negara masih berselisih tentang syarat pelucutan nuklir Korut.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *