Ketua Senat AS Ucapkan Selamat kepada Biden

Ketua Senat Amerika Serikat Mitch McConnell dari Partai Republik mengucapkan selamat kepada Joe Biden atas kemenangan dalam pemilihan umum AS. Ucapan selamat dari tokoh senior Republik ini disampaikan usai para Electoral College secara resmi mengonfirmasi kemenangan Biden atas petahana Donald Trump.

Biden secara resmi dinyatakan telah meraih 306 suara elektoral, sedangkan Trump hanya 232. Dibutuhkan 270 bagi seorang kandidat untuk menang dalam pemilu AS.

Hingga saat ini, Trump masih menolak mengakui kekalahan, dan terus melontarkan klaim tak berdasar bahwa pemilu AS dipenuhi kecurangan.

Berbicara di ruang Senat, McConnell mengaku mengharapkan “hasil berbeda” dalam pemilu AS, namun suara elektoral berkata lain. “Jadi hari ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden,” tutur McConnell, dilansir dari laman BBC pada Rabu, 16 Desember 2020.

McConnell juga mengucapkan selamat kepada wakil presiden terpilih Kamala Harris. Hubungan dengan Senat, yang saat ini dikuasai jajaran senator Republik, merupakan hal krusial bagi pemerintahan Biden-Harris.

“Seluruh warga Amerika patut karena negara kita memiliki perempuan sebagai wakil presiden terpilih untuk kali pertama,” sebut McConnell.

Sementara itu, Biden mengaku telah menelepon McConnell untuk mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat. Keduanya mengaku sudah sepakat untuk “segera bekerja sama.”

Chuck Schumer, pemimpin Senat dari Partai Demokrat, mendorong Trump untuk “mengakhiri masa jabatannya secara terhormat.”

“Demi demokrasi kita, demi transisi kekuasaan secara damai, dia (Trump) harus mengakui bahwa Joe Biden adalah presiden kita selanjutnya,” tutur Schumer.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *