Usai Pilkada, 75 Desa di Jabar Gelar Pilkades Desember Ini

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan setelah hari pencoblosan Pilkada Serentak 2020 berlalu, provinsi itu akan segera melaksanakan Pilkades Serentak di 75 desa pada Desember ini.

Sebanyak desa yang menggelar pilkades itu tersebar di empat kabupaten yakni Ciamis, Sumedang, Bekasi, dan Bogor.

Adapun menurut jadwal tahapan pilkades dimulai 13 Desember 2020. Pilkades serentak mendapat atensi khusus Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, karena dikhawatirkan memunculkan klaster pilkades Covid-19.

“Harapan pemerintah pelaksanaan pilkades bisa sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yaitu kalau Jabar dimulai tanggal 13 Desember 2020,” ujar Uu usai rapat koordinasi Pedoman Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak pada Masa Pandemi, dari Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/12).

Terkait hal tersebut, Uu memandang para bupati perlu membentuk desk pilkades yang berisi orang-orang dari bagian pemerintahan desa bersama unsur pimpinan kecamatan seperti dari kepolisian dan TNI. Tujuannya memastikan pilkades berlangsung kondusif, aman, dan sehat bebas Covid-19.

“Di samping pilkades aman damai, tetap harus ada pilkades sehat. Anggaran sarana kesehatan, sesuai arahan menteri desa bisa diambil dari dana desa,” ujar Uu.

Lebih lanjut, Uu pun ingin pilkades di Jabar mencontoh pilkada serentak 2020 yang baru saja melewati hari pencoblosan pada 9 Desember lalu.

Ia menegaskan bahwa Pilkades nantinya harus dilakukan dengan mematuhi protokol Covid-19. Selain 3M plus tidak berkerumun, protokol kesehatan lain yang perlu diperhatikan pembatasan jumlah pemilih di TPS, bawa pulpen sendiri dari rumah, rapid test antigen bagi panitia pilkades, dan protokol penting lainnya.

“Panitia dan lainnya bisa meniru proses pilkada. Berjalan dengan aman dan damai, datang ke TPS tidak bergerombol, tidak menumpuk seperti biasa karena jadwal datang ke TPS diatur,” papar Uu.

Usai rakor dengan dua menteri, Uu akan menggelar rakor dengan bupati di empat kabupaten untuk pembahasan yang lebih teknis terutama wacana desk pilkades. Para bupati ini, kata Uu, bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan pilkades mulai dari kelembagaan, anggaran, termasuk mengedukasi masyarakat pentingnya pilkades.

“Para kepala daerah ini harus benar-benar mengawasi dengan saksama dan mempersiapkan segalanya,” ujar mantan Bupati Tasikmalaya tersebut.

Selain bupati, Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) juga berperan penting untuk keberhasilan pilkades serentak. Sebagai organisasi yang menaungi kepala desa, Apdesi memiliki jejaring kuat yang dapat diandalkan menyokong pengawasan pilkades.

Hal penting yang harus diutamakan, kata Uu, netralitas Apdesi dalam pilkades.

“Bantuan dan netralitas Apdesi itu yang kami harapkan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Pilkades Jabar 2021
Sebagai informasi, terhitung pada Juni 2021 Jabar setidaknya harus menggelar tiga kali pilkades yang melibatkan 250 desa, dan diperkirakan pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Untuk efektivitas dan meminimalisasi potensi penularan Covid-19 di perdesaan, Wagub mengusulkan meringkas pilkades dari tiga kali menjadi sekali waktu yang semuanya dilakukan Juni 2021.

Adapun bagi kepala desa yang masa jabatannya habis sebelum pilkades, akan ditunjuk penjabat sementara (Pjs) oleh bupati sehingga tidak ada kekosongan jabatan, dan pelayanan masyarakat tetap berlanjut.

“Kita akan berusaha membuat langkah-langkah inovatif, untuk 2021 pilkadesnya serempak satu kali di bulan Juni. Jadi di Jabar ini pemilihan kepala desanya serentak, sehingga tidak terlalu hiruk pikuk dari desa satu ke desa yang lain,” kata Uu.

Pilkades di Jabar tertunda karena Mendagri mengeluarkan Surat bernomor 141/4528/SJ, tanggal 10 Agustus 2020 tentang Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antarwaktu atau PAW. Surat ini ditujukan kepada bupati/wali kota di seluruh Indonesia. Pilkades 2020 ditunda karena berbarengan dengan pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

“Pilkades ini sudah diundur. Di Kabupaten Ciamis juga sudah diundur. Kalau diundur lagi, kasihan mereka yang sudah persiapan. Maka mau tidak mau, sekali pun kemarin berdekatan dengan beberapa daerah yang sedang melaksanakan pilkada, itu tidak menjadi halangan untuk melaksanakan pilkades,” kata Uu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : viraljabar.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *