Respons PSSI Usai Piala AFF 2020 Diundur

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghormati keputusan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) yang memundurkan jadwal Piala AFF 2020.

Piala AFF 2020 sedianya berlangsung pada November tahun ini, namun pandemi Covid-19 membuat penyelenggara mengundur turnamen pada April-Mei 2021. AFF lantas kembali memundurkan penyelenggaraan kejuaraan yang belum pernah dimenangkan Timnas Indonesia tersebut.

Sesuai jadwal terbaru, Piala AFF 2020 akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 20221.

“PSSI akan mengikuti keputusan AFF. Tentu ada hal positif dari penundaan ini yakni timnas Indonesia bisa melakukan persiapan lebih panjang,” kata Iriawan seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami harap untuk pemain-pemain yang nantinya dipanggil timnas Indonesia dan bermain di Piala AFF agar berjuang keras serta memberikan hasil maksimal. Karena PSSI ingin timnas Indonesia meraih juara di Piala AFF 2020 yang dihelat akhir tahun 2021 mendatang,” ia melanjutkan.

Sebelumnya Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengungkapkan alasan Piala AFF 2020 batal digelar pada awal tahun depan. Ia mengatakan kalender sepak bola yang padat sepanjang 2021 menjadi salah satu pertimbangan.

Selain itu, AFF juga mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua pihak dalam kondisi pandemi Covid-19, termasuk untuk memberikan kepastian yang lebih besar kepada anggota asosiasi AFF, tim, pemain, ofisial, sponsor, dan fan.

“Seperti biasa, prioritas kami adalah kesehatan dan keamanan semua orang yang terhubung dengan acara tersebut. Karenanya, kami telah memantau perkembangan Covid-19, baik di ASEAN dan di dunia secara lebih luas, secara terus menerus,” kata Sameth.

Timnas Indonesia selalu ikut serta dalam turnamen Piala AFF dengan hasil terbaik menempati peringkat kedua dalam lima kesempatan.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *