Biden Tunjuk Keturunan Amerika Latin Jadi Menteri Kesehatan

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden menunjuk Xavier Becerra sebagai menteri kesehatan. Becerra saat ini menjabat Jaksa Agung California.

Pengumuman itu disampaikan Biden pada Senin (7/12) pagi dalam siaran pers di kantor transisi.

Seperti dikutip dari Associated Press, jika dikonfirmasi oleh Senat, Becerra akan menjadi orang Amerika Latin pertama yang mengepalai Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Kementerian itu mengelola anggaran 1 triliun dolar AS dengan lebih dari 80.000 karyawan. Kemenkes AS juga memimpin penggunaan obat-obatan dan vaksin, penelitian medis, serta program asuransi kesehatan yang mencakup lebih dari 130 juta orang Amerika.

Sebagai Jaksa Agung California, Becerra telah memimpin koalisi negara bagian Demokrat memperjuangkan “Obamacare” dari upaya pemerintahan Trump untuk membatalkannya.

Dia turut membela pengesahan Undang-Undang Perawatan Terjangkau.

“Sebagai Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, saya akan membangun kemajuan dan memastikan setiap orang Amerika memiliki akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, di pandemi ini dan seterusnya,” kata Becerra lewat Twitter.

Biden juga memilih ahli penyakit menular dari Harvard, Dr. Rochelle Walensky, untuk mengepalai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Dan dia mengumumkan peran baru untuk pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci yakni sebagai kepala penasihat medis.

Tim kesehatan itu memiliki tugas berat di tengah pandemi ini. Mereka harus berjuang keras membalikkan upaya Amerika Serikat yang gagal untuk memadamkan pandemi Covid-19.

Setelah Biden resmi dilantik pada 20 Januari, tim kesehatan akan segera mengambil peran meluncurkan program imunisasi massal yang direncanakan akan dimulai akhir bulan Desember ini.

AS hingga kini menjadi negara dengan kasus dan kematian tertinggi akibat virus corona di dunia. AS memiliki lebih dari 15 juta kasus Covid-19 dan 290 ribu kematian.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Pikiran Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *