BI Catat Keyakinan Konsumen Membaik pada November 2020

Survei Bank Indonesia (BI) mengindikasikan keyakinan konsumen dalam negeri terhadap kondisi ekonomi membaik pada November 2020.

Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November 2020 sebesar 92 atau lebih tinggi dari Oktober, yaitu 79. Kenaikan keyakinan tersebut juga tercermin pada kedua indeks pembentuknya, yakni Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang naik dari 106,6 menjadi 123,9 dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) meningkat dari 51,5 menjadi 60,1.

“Keyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (8/12).

Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 17 kota, tertinggi terjadi di kota Pontianak. Diikuti oleh Samarinda dan Bandar Lampung.

Erwin juga menerangkan perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik meski masih berada pada area kontraksi, terutama disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *