Moderna Ajukan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

Perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Moderna mengatakan, akan segera meminta regulator Amerika Serikat dan Eropa untuk mengizinkan penggunaan darurat vaksin virus korona (covid-19). Permintaan tersebut akan dikirimkan Senin 30 November 2020.

“Moderna hari ini berencana untuk meminta Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dari Administrasi Obat dan Makanan Amerika Serikat (US FDA),” kata Moderna dalam semua pernyataan, dilansir dari Al Jazeera.

Mereka mengatakan juga akan mengajukan izin pemasaran bersyarat dengan Agensi Medis Eropa (EMA). “Beberapa kandidat vaksin harus berhasil agar dunia dapat membasmi pandemi, yang tengah meningkat di Amerika Serikat dan Eropa,” tegas pihak Moderna.

Permintaan ini disampaikan setelah hasil studi baru mengonfirmasi suntikan tersebut menawarkan perlindungan kuat. Dengan demikian, ‘perlombaan’ vaksinasi terbatas karena pandemi virus korona yang semakin memburuk, akan dimulai.

Sebelumnya, vaksin Pfizer dan BioNTech sudah terlebih dulu meminta penggunaan darurat setelah dilaporkan 95 persen efektif. Sementara perusahaan Inggris, AstraZeneca akan segera menyusul.

Dengan demikian, kemungkinan besar upaya memulai vaksinasi di Amerika Serikat pada Desember mendatang akan terlaksana.

Moderna membuat vaksin dengan menggandeng Institut Kesehatan Nasional AS dan sudah mendapat petunjuk bahwa mereka berhasil. Hasil akhir studi menunjukkan vaksin itu lebih dari 94 persen efektif.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Investor Daily

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *