Life Goes On BTS Kuasai Tiga Tangga Lagu Billboard Pekan Ini

Billboard mengumumkan lagu teranyar dari BTS, Life Goes On, berhasil menguasai tiga tangga lagu populer pada pekan ini, yaitu Billboard Hot 100 untuk skala Amerika Serikat, Global untuk di luar AS, dan Global 200 untuk keseluruhan dunia.

Pada pengumuman yang dirilis pada Selasa (1/12) waktu Indonesia, Life Goes On berhasil menjadi nomor satu di ketiga tangga lagu itu untuk periode hingga 5 Desember 2020 mendatang.

Bukan hanya itu, para penggemar BTS alias ARMY berhasil menjaga performa Dynamite tetap berada dalam jajaran 10 teratas dalam tangga lagu Global dan Global 200, serta kembali membawa lagu nominasi Grammy tersebut ke deretan atas tangga Hot 100.

Pada tangga lagu Hot 100, Life Goes On berhasil menjadi jawara dengan Dynamite kembali masuk dan mendarat di posisi tiga setelah empat pekan tergeser dari jajaran 10 besar tangga lagu populer Amerika Serikat tersebut.

Life Goes On menjadi lagu ketiga BTS yang berhasil menguasai Billboard Hot 100 dan terjadi hanya tiga bulan setelah Dynamite menguasai tangga lagu populer tersebut.

Sekaligus, Life Goes On mencetak sejarah dengan menjadi lagu dengan sebagian besar berbahasa Korea pertama yang menduduki puncak Billboard Hot 100.

Billboard menjabarkan, Life Goes On memperoleh 14,9 juta streaming di Amerika Serikat dan terjual sebanyak 150 ribu unit per 26 November 2020, menurut data Nielsen Music/NRC Data.

Lagu tersebut juga mendapatkan 410 ribu tayangan pemirsaan radio pada pekan yang berakhir pada 29 November 2020. Selain itu, lagu ini diunduh sebanyak 129 ribu kali dan terjual 20 ribu unit secara fisik.

Kemudian di tangga lagu Global 200, Life Goes On berada di posisi nomor satu dengan Dynamite di posisi tiga dan lagu Dakiti dari Bad Bunny dan Jhay Cortez memisahkan dua lagu album BE tersebut.

Sedangkan di tangga lagu Global di luar Amerika Serikat, Life Goes On dan Dynamite bergandengan menguasai nomor satu dan dua sebagai lagu paling laris di dunia selain di Amerika Serikat.

Tangga lagu Billboard Global ini didasarkan dari aktivitas streaming dan penjualan di lebih dari 200 wilayah di dunia selain Amerika Serikat dan dikumpulkan oleh Nielsen Music/MRC Data.

Capaian ini adalah yang pertama kalinya bagi Life Goes On yang resmi dirilis sebagai single utama pada 20 November 2020 lalu.

Bukan hanya menguasai tiga tangga lagu Billboard, BTS juga menguasai tangga album terlaris di Amerika Serikat, Billboard 200, berkat album BE. Perolehan tersebut sekaligus menjadi yang ke-lima kalinya BTS menguasai tangga album terlaris di Amerika Serikat itu.

Capaian ini turut menjadi yang kedua kali BTS menguasai Billboard 200 dalam satu tahun, setelah sebelumnya melalui Map of the Soul: 7 yang debut di nomor wahid pada 7 Maret 2020.

BE menjadi album mayoritas non-berbahasa Inggris ke-11 yang mencapai puncak Billboard 200. Dari kesebelas album non-berbahasa Inggris tersebut, lima di antaranya dihasilkan oleh BTS.

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *