Nestapa Fabiano Beltrame, Belum bisa Memberi Kontribusi Maksimal untuk Persib

Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame, mengungkapkan kekecewaannya karena belum bisa memberikan kontribusi maksimal bagi klub berjulukan Maung Bandung itu.

Dua musim memperkuat Persib, Fabiano baru tampil dalam satu laga resmi di kompetisi.

Situasi tersebut dialami Fabiano bukan karena kualitasnya yang dipandang buruk tim pelatih, atau kalah saing dengan pemain lainnya. Melainkan karena kondisi yang tak bisa dihindari.

Fabiano datang ke Persib pada awal musim 2019. Sayangnya, pada musim pertamanya itu Fabiano tidak bisa bermain lantaran proses naturalisasinya yang tak kunjung rampung.

Sejatinya, Fabiano bisa saja bermain namun dengan status pemain asing. Sayangnya, cara tersebut tak diambil Persib karena kuota pemain asing di tim Maung Bandung sudah penuh.

Pada akhir musim 2019, proses naturalisasi Fabiano pun rampung. Fabiano bisa bernapas lega karena dia masih dipertahankan Persib.

Dia bisa membela Maung Bandung pada kompetisi musim 2020. Fabiano menjalani debutnya sebagai pemain Persib dalam laga melawan Arema FC pada pekan kedua Liga 1 2020.

Nahas, itu adalah pertandingan pertama dan terakhir Fabiano bersama Persib pada tahun ini. Pasalnya, wabah virus corona mengguncang dunia sehingga seluruh kegiatan yang berpotensi mengundang animo masyarakat dalam jumlah besar dihentikan, tidak terkecuali pertandingan sepak bola.

Kompetisi resmi sepak bola Indonesia pun ditangguhkan sejak Maret 2020. Setelah mengalami penundaan beberapa kali, PSSI dan PT Liga Indonesia pun berencana menggelar lanjutan kompetisi musim ini pada Februari dan ditargetkan berakhir hingga Juli 2021.

“Ya pastinya sedih dan kecewa ya. Karena saya sudah sangat ingin berkontribusi untuk Persib. Saya sudah persiapan lama untuk kita kembali bermain. Dan sekarang kita harus istirahat sebentar dan kita persiapan lagi musim depan,” kata Fabiano, Selasa (10/11/2020).

Penundaan kompetisi hingga awal tahun depan memaksa Persib menghentikan aktivitas latihan bersama untuk sementara waktu. Para pemain diberikan jatah libur selama dua bulan. Rencananya, tim Persib akan kembali berkumpul pada 3 Januari 2021. Selama masa libur, Fabiano memilih kembali ke Brasil untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Fabiano berencana kembali ke Bandung setelah mendapatkan informasi dari tim pelatih Persib mengenai jadwal latihan tim. “Ya rencana pulang ke Brasil dulu. Saya ingin habiskan waktu bersama keluarga, sampai jajaran pelatih kasih kabar kapan harus kembali,” ucap Fabiano, menuturkan.

Selama di Brasil, Fabiano akan tetap berlatih untuk menjaga kebugaran fisiknya. Meski diberi jatah libur selama dua bulan, para pemain Persib tetap diwajibkan menjalani latihan mandiri agar kondisi fisiknya tak mengalami penurunan secara signifikan. “Di sana juga tetap jaga kondisi karena nanti ketika kembali ke tim bisa dalam kondisi yang bagus dan juga bisa yang berikan yang terbaik juga. Rencana ya gym dan sepedaan juga,” ungkap Fabiano.

Sumber : kompas.com
Gambar : Bolalob.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *