Shin Tae Yong Tak Sangka Timnas U-19 Bisa Kalahkan Tim Eropa

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong tak menyangka skuad arahannya bisa mengalahkan tim-tim Eropa saat melakukan pemusatan latihan di Kroasia.

Timnas U-19 menjalani 11 laga uji coba selama dua bulan melakoni TC di Kroasia. Sempat menelan kekalahan telak 0-3 dari Bulgaria dan 1-7 dari Kroasia di awal TC, namun performa Tim Merah Putih terus meningkat.

Witan Sulaeman dkk berhasil membukukan lima kemenangan di mana empat di antaranya diraih melawan klub dan timnas dari Eropa. Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Dinamo Zagreb 1-0, NK Dugopolje 3-0, Hajduk Split 3-0, dan Makedonia Utara 4-1.

“Lawan yang kami kalahkan usianya sama (di bawah 19 tahun), tapi kami terkejut mengalahkan tim Eropa. Di Indonesia, saya diperlakukan layaknya VIP (istimewa),” ujar Shin Tae Yong seperti dilansir khan.co.

Shin Tae Yong juga mengaku dari segi teknologi, sepak bola Indonesia tidak tertinggal. Titik persoalan para pemain disebutnya lebih ke masalah teknik dasar.

“Mengejutkannya, teknologinya baik, tapi masalahnya teknik dasar. Secara taktik juga bagus. Bisa dibilang nilainya 75 dari 100,” ia menuturkan.

Timnas U-19 saat ini tengah melakoni latihan virtual. Latihan ini dilangsungkan sebagai persiapan tim untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Pasukan Garuda Muda dijadwalkan kembali TC di luar negeri setelah batal tampil di turnamen Toulon. Belanda jadi salah satu pilihan untuk menggelar pemusatan latihan karena para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa menghadapi tim-tim bagus untuk jadi lawan uji coba.

“Shin Tae Yong sampaikan di sana [Belanda] banyak pemain keturunan Indonesia, jadi bisa sekalian siapa tahu ada yang bisa diajak latihan. Tapi saya tidak mau ikut campur, urusan pemain saya serahkan ke pelatih dan direktur teknik,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *