Biden Mulai Masa Transisi Pimpin AS

Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris memulai masa transisi pemerintahan dengan meluncurkan situs dan mempersiapkan tim yang akan bekerja dengan agen federal pekan ini.

Mengutip AFP, sebagai tahap awal diluncurkan situs BuildBackBetter.com yang menyertakan empat ‘prioritas administrasi’ di era kepemimpinan baru yakni Covid-19, pemulihan ekonomi, kesetaraan rasial, dan perubahan iklim.

Dalam situs tersebut dijelaskan tujuh poin untuk mengatasi pandemi corona, termasuk ‘pengujian reguler, andal dan gratis’ bagi semua warga Amerika, ‘distribusi pengobatan dan vaksin yang adil dan efektif’ setelah tersedia dan bekerja sama dengan gubernur dan wali kota untuk menerapkan mandat penggunaan masker secara nasional.

“Rakyat Amerika berhak mendapatkan respons yang mendesak, kuat, dan profesional terhadap kesehatan masyarakat yang berkembang dan krisis ekonomi yang disebabkan oleh wabah virus corona (Covid-19),” tulis situs tersebut.

Mengenai kesetaraan rasial, Biden dan Harris menjabarkan serangkaian rencana ekonomi untuk mengatasi kesetaraan. Pemerintah mereka juga membuat rencana reformasi polisi yang melarang chokehold serta transfer senjata perang ke pasukan polisi.

“Saatnya telah tiba bagi bangsa kita untuk menangani rasisme sistematik. Untuk menghadapi ketimpangan ekonomi yang tumbuh di negara kita. Dan untuk menangani pengingkaran janji bangsa ini-kepada begitu banyak orang,” tulis situs tersebut.

Seorang pejabat transisi kepada CNN mengatakan, pemerintah Biden akan terus berlanjut dengan kecepatan penuh kendati hasil pemilu mendapat penolakan dari rivalnya, Donald Trump.

Pejabat yang sama juga mengatakan bahwa tim peninjau, kelompok pembantu Biden yang ditugaskan ke setiap badan federal akan memulai pekerjaan mereka pekan ini, “mendapatkan akses ke badan federal pada titik yang tepat”. Tidak jelas apakah akses itu akan diberikan karena Trump sejauh ini menyangkal hasil penghitungan suara.

“Secara keseluruhan kami akan terus meletakkan dasar bagi pemerintahan Biden-Harris yang akan datang untuk memulihkan kepercayaan dan keyakinan terhadap institusi dan memimpin pemerintahan federal,” kata pejabat itu.

Selain meluncurkan situs baru, pemerintahan transisi juga merilis serangkaian saluran media sosial di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Biden berencana menjadikan virus corona sebagai prioritas utama selama masa transisi, topik yang menjadi pembicaraan utama sepanjang masa kampanye pilpres.

Untuk menunjukkan keseriusannya menangani pandemi, CNN melaporkan jika Biden berencana mengumumkan tim gugus tugas penanganan virus corona pada Senin (9/11).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *