Teror di Wina, Austria Banjir Dukungan Pemimpin Negara Dunia

Tiga orang termasuk satu penyerang telah tewas di Wina tengah pada Senin 2 November malam dalam kejadian yang digambarkan Kanselir Austria Sebastian Kurz sebagai “serangan teror menjijikkan”.

Menurut polisi, kejadian tersebut dimulai pada pukul 20.00 dan terjadi di enam titik lokasi yang berbeda, seperti mengutip laman Channel News Asia, Selasa (3/11/2020).

“Kami mengalami jam-jam sulit di republik kami,” kata Kanselir Kurz di Twitter.

“Polisi kami akan bertindak tegas terhadap para pelaku serangan teror yang menjijikkan ini. Kami tidak akan pernah diintimidasi oleh terorisme dan kami akan memerangi serangan ini dengan segala cara,” tegasnya lagi.

Usai insiden tersebut terjadi, Austria mendapat banyak dukungan dari negara-negara sahabat yang turut mengutuk aksi teror tersebut.

Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron berkata, “Kami orang Prancis merasakan keterkejutan dan kesedihan rakyat Austria setelah serangan di Wina.”

“Setelah Prancis, itu adalah negara sahabat yang telah diserang. Ini Eropa kami. Musuh kami harus tahu dengan siapa mereka berurusan. Kami tidak akan mengakui apa pun,” tweetnya dalam bahasa Prancis dan Jerman.

Jerman

Jerman berjanji untuk tidak “menyerah pada kebencian yang seharusnya memecah belah masyarakat kita.”

“Bahkan jika kami belum bisa meramalkan sejauh mana teror terjadi, pikiran kami tertuju pada yang terluka dan para korban di saat-saat sulit ini,” tulis kementerian luar negeri di Twitter, sambil menyebut berita dari Austria itu “mengerikan dan mengganggu.”

Inggris

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson turut menulis di Twitternya bahwa dia “sangat terkejut” dengan kejadian malam itu dan bahwa “pikiran Inggris bersama rakyat Austria – kami berdiri bersatu dengan Anda melawan teror.”

Italia

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan bahwa “tidak ada ruang untuk kebencian dan kekerasan di rumah Eropa kita bersama”, sementara menteri luar negerinya Luigi Di Maio menulis di Twitter bahwa “Eropa harus bereaksi.”

Uni Eropa

Kepala Dewan Uni Eropa Charles Michel berkata: “Eropa mengutuk keras tindakan pengecut yang melanggar kehidupan dan nilai-nilai kemanusiaan kita ini. Pikiranku bersama para korban dan orang-orang #Vienna setelah serangan mengerikan malam ini. Kami mendukung Austria.”

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen menulis di Twitter bahwa dia “terkejut dan sedih”, dan bahwa “pikirannya ada pada keluarga para korban dan rakyat Austria.”

Presiden Parlemen Eropa, David Sassoli, mengatakan dia merasakan “kesedihan dan ketakutan” dan diplomat utama Uni Eropa Josep Borrell menyebutnya sebagai “tindakan kekerasan dan kebencian yang pengecut.”

Republik Ceko

Di Republik Ceko, yang bertetangga dengan Austria, Perdana Menteri Andrej Babis mengatakan dia merasa “ngeri dengan serangan itu” dan ingin “mengungkapkan solidaritas saya kepada semua orang di Austria dan teman saya Sebastian Kurz.”

Polisi Ceko mengatakan mereka telah memulai pemeriksaan acak di perbatasan negara itu dengan Austria.

“Polisi sedang melakukan pemeriksaan acak terhadap kendaraan dan penumpang yang melintasi perbatasan dengan Austria sebagai tindakan pencegahan sehubungan dengan serangan teror di Wina,” tweet polisi Ceko.

Polisi juga mengatakan mereka telah meningkatkan “pengawasan atas fasilitas-fasilitas utama Yahudi di Republik Ceko” dalam tindakan pencegahan yang “mencerminkan perkembangan situasi, tidak hanya di negara tetangga Austria.”

Yunani

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menulis di Twitternya bahwa dia “terkejut dengan serangan mengerikan di #Vienna” dan telah menawarkan “solidaritas penuh” Kurz Athena.

“Pikiran kami tertuju pada orang-orang di Wina dan pihak berwenang yang menangani situasi ini. Hati kami, dengan para korban dan orang yang mereka cintai,” tambah Mitsotakis.

Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menuliskan ucapan belasungkawa di Twitternya, dan menyebut serangan itu “mengerikan dan memilukan.”

“Kami mengutuk sekuat mungkin tindakan terorisme ini,” katanya.

“Pikiran kami tertuju pada rakyat Austria dan semua orang yang terpengaruh oleh tindakan yang menyedihkan ini.”

Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menulis di akun Twitternya tentang keterkejutannya atas “serangan teror yang mengerikan di Austria.”

Dia berkata: “Situasinya tetap cair dan rincian serangan masih belum jelas”, dan menawarkan pemikiran dan jaminan kepada Kanselir Austria serta rakyat negara itu.

Amerika Serikat

Robert O’Brien, penasihat keamanan nasional Presiden Donald Trump, mengatakan orang Amerika sedang berdoa untuk orang-orang Wina.

“Tidak ada pembenaran untuk kebencian dan kekerasan seperti ini. Kami mendukung Austria, Prancis, dan seluruh Eropa dalam perang melawan terorisme,” kata O’Brien.

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden juga mengutuk apa yang dia sebut sebagai “serangan teroris yang mengerikan.”

Ia menambahkan, “Kita semua harus bersatu melawan kebencian dan kekerasan.”

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *