Mengenal Demensia, Penyakit yang Diidap Sean Connery

Sean Connery, pemeran James Bond 007 meninggal dunia pada Sabtu (31/10). Sean Connery meninggal di usia 90 tahun. Saat mengembuskan napas terakhir, aktor kelahiran Skotlandia ini tengah tertidur.

Penyebab kematian Sean pun sempat menjadi misteri. Hingga akhirnya istri kedua Sean Connery, Micheline Roquebrune, mengatakan jika suaminya mengidap demensia.

Demensia merupakan gangguan pada fungsi otak, yang menyebabkan tiap sisi otak tidak mampu bekerja dengan baik. Akibatnya, seseorang dengan demensia akan kehilangan kemampuan kerja otaknya, khususnya dalam kemampuan mengingat atau pikun.

Meski dalam beberapa kasus demensia kerap terjadi pada lansia, nyatanya gejala ini juga bisa menimpa semua usia. Bahkan diperkirakan, 200 ribu orang di dunia yang berusia di bawah 65 tahun, mengidap demensia.

Sementara itu, menurut laporan yang dikeluarkan The Lancet Commissions tahun 2020, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko demensia. Seperti tekanan darah tinggi, obesitas, paparan polusi udara, rendahnya interaksi sosial, cedera otak, dan lainnya.

Sumber : akurat.co
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *