Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan di Bandung saat Libur Panjang

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada saat momen libur panjang akhir pekan.

Libur panjang akan berlangsung 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, hari libur nasional pada Oktober 2020 jatuh pada tanggal 29 yakni Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara libur cuti bersama adalah tanggal 28 dan 30 Oktober 2020.

Kota Bandung sebagai kota wisata kerap menjadi tujuan wisata saat libur panjang. Oleh karena itu, jajaran Satlantas Polrestabes Bandung menyiapkan antisipasi terhadap jalur-jalur wisata yang berada di sekitar wilayah Bandung, seperti kawasan Lembang dan Ciwidey.

Kepala Satlantas Polrestabes Bandung Komisaris M. Rano Hadiyanto mengatakan untuk rekayasa jalan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Cimahi. Hal ini terkait arus kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang.

“Pada saat ada kepadatan misalnya ke arah Lembang, kami akan komunikasi dengan Polres Cimahi. Apabila Polres Cimahi akan melaksanakan CB (cara bertindak) one way, kita akan mendukung di daerah perbatasan di Ledeng,” ujarnya, Senin (26/10).

Rano menuturkan, sistem buka tutup jalur dilakukan situasional. Pemberlakuan buka tutup akan mempertimbangkan kondisi arus lalu lintas jika mendesak.

“Kalau one way tidak dilakukan sedangkan sudah terjadi kepadatan stuck mengarahkan ke Setiabudi, yang dari arah bawah kita belokkan ke kiri ke Sersan Bajuri,” beber dia.

Rano menjelaskan, pihaknya menyiagakan 200 personel diterjunkan untuk melakukan pengamanan libur panjang akhir pekan kali ini. Petugas yang diterjunkan akan ditempatkan di jalur menuju tempat wisata.

“Misalnya, di sepanjang jalur Setiabudi, Sukajadi menuju Lembang, kemudian ke arah Dago kemudian di tempat pertokoan yang ada di sepanjang Jalan RE Martadinata atau Riau,” ungkapnya.

Selain mengawal jalur wisata, Satlantas dan jajaran Polsek pun akan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah gerbang Tol.

“Total jumlah personel yang disiapkan untuk long weekend sebanyak 200 personel,” kata Rano.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *