Corona di Eropa Pancing Ketakutan, Wall Street Loyo

Wall Street Amerika Serikat (AS) kembali melemah di penutupan Kamis (15/10/2020). Buruknya sentimen dari dalam dan luar negeri menjadi peyebab.

Dow Jones turun 0,1% ke 28.494,2. Sementara S&P 500 kehilangan 0,2% ke 3.483,34 dan Nasdaq turun 0,5% ke 11.713,87.

Dari dalam negeri, ada ketidakpastian jelang Pemilihan Presiden AS, 3 November nanti. Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan akan memberi stimulus ke bisnis lebih dari US$ 1,8 miliar.

Namun Menteri Keuangan Steven Mnuchin menegaskan bahwa kesepakatan dengan Demokrat di Kongres akan sulit dilakukan sebelum pemilihan umum.

“Kami benar-benar membutuhkan dukungan bipartisan, kami tidak dapat melakukan ini sendiri, jadi saya akan terus bernegosiasi sampai kami dapat menyelesaikan kesepakatan,” kata Mnuchin di CNBC International.

Melonjaknya kasus corona (Covid-19) di Eropa menjadi menyebab. Benua itu kini memperketat kembali pembatasan.

Prancis memperkuat langkah penguncian untuk membendung virus corona (Covid-19). Negara ini memberlakukan jam malam di 9 kota, termasuk Paris.

Aturan akan mulai berlaku, Sabtu (17/10/2020). Jam malam akan diberlakukan dari pukul 21.00 hingga 06.00 hingga enam minggu.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan langkah lebih ketat untuk menekan pertemuan warga. Ia pun memaksa penduduk menggunakan masker.

“Saya yakin apa yang kami lakukan sekarang akan menentukan bagaimana kami melewati pandemi ini,” kata pemimpin itu.

Hal senada juga dilakukan di Spanyol, di mana bar dan restoran akan ditutup di wilayah Catalonia selama 15 hari ke depan. Di Belanda, pemerintah membatasi penjualan alkohol dan membuat aturan baru soal masker.

Di Irlandia, Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin mengumumkan serangkaian pembatasan baru. Termasuk penutupan gerai ritel non-esensial, pusat kebugaran, kolam renang, dan pusat rekreasi.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *