Sembuh dari Covid-19, Elvy Sukaesih Ungkap Gejala dan Akui Masih Trauma

Penyanyi dangdut senior Elvy Sukaesih harus menghadapi kenyataan saat dinyatakan positif terpapar virus corona pada Agustus lalu. Elvy Sukaesih menjalani masa perawatan selama 20 hari sebelum dinyatakan negatif dan bisa kembali ke rumah. Dalam tayangan YouTube Starpro Indonesia, Elvy Sukaesih ungkap gejala yang dialami, cerita saat dirawat di rumah sakit hingga sekarang sudah pulih kembali meski masih trauma.

Penyanyi yang sering dipanggil Umi Elvy ini mengatakan, dirinya mengalami gejala seperti gejala penyakit tifus. “Itu perlu diwaspadai, seperti tifus. Jadi ada mual, badan panas walaupun tidak panas sekali, terus meriang,” ujar Elvy Sukaesih, dikutip Kompas.com, Rabu (14/10/2020). Selain mengalami demam dan meriang, Elvy Sukaesih mengaku indera penciuman dan pengecapnya juga tak berfungsi dengan baik. “Penciuman, sudah enggak bisa mencium apa-apa termasuk rasa, makanan enggak ada yang enak,” tutur Elvy.

Saat dirawat, Elvy Sukaesih selalu dikirimkan makanan dari rumah lantaran tak bisa mengonsumsi makanan rumah sakit. Penyanyi berusia 69 tahun itu bercerita, ia diharuskan untuk perbanyak minum air putih.

“Tapi, kita minum enggak bisa banyak, kembung. Kembung kayak mau muntah, makan jadi didorong sama air,” ujar pelantun lagu “Kejam” itu.

Karena indera pengecapnya mengalami gangguan, Elvy Sukaesih menuturkan imunnya sempat turun lantaran tak mau makan.

“Saya kayak bayi, makan terus didorong sama air. Karena imun saya turun banget enggak ada gizi, kayak gitu,” imbuhnya.

Elvy mengatakan, selama dirawat, dia harus selalu merasa senang. Penyanyi yang dijuluki Ratu Dangdut itu bercerita pernah menyanyikan lagu demi menghibur dirinya dan juga dokter yang merawat. “Malah kalau dokter datang yang visit, aku terus langsung, ‘gula-gulamu mana mungkin suami’, aku nyanyiin. Dia senang banget, ‘aduh Umi Elvy kalau gini sudah boleh pulang’. Aku diiming gitu,” cerita Elvy Sukaesih.

Setelah dinyatakan negatif dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang, Elvy Sukaesih tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. Bahkan, Ratu Dangdut itu disiapkan ruangan tersendiri untuk menjalani isolasi mandiri. “Di rumah tetap saya harus isolasi mandiri lagi ada ruangan. Jadi saya enggak ke mana-mana, makan diantar,” ujar pelatun lagu “Gula-Gula” itu.

Elvy Sukaesih mengatakan, setelah dinyatakan negatif Covid-19, ia masih alami trauma dan gemetar. “Alhamdulillah dengan izin Allah SWT saya bisa ngisi di sini, tapi walaupun masih kayak gimana, ya, trauma gitu, masih gemeteran,” ujar Elvy. Oleh karenanya, Elvy Sukaesih belum membukakan rumahnya untuk menerima tamu lantaran masih trauma. “Di rumah juga enggak terima tamu karena saya masih trauma bagaimana saya ngalamin waktu sakit kemarin,” ujarnya. Selain itu, alasan Elvy Sukaesih dan keluarga tidak menerima tamu ke rumah adalah untuk mencegah penularan Covid-19.

Sumber : kompas.com
Gambar : Okezone Celebrity

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *