Bong Joon-ho Masuk 100 Tokoh Paling Berpengaruh di 2020

Sutradara Bong Joon-ho masuk dalam daftar ‘Time 100 Most Influential People 2020’ atau 100 orang paling berpengaruh pada 2020.

Sebagai bentuk penghargaan, artikel khusus tentang pengaruh sutradara pemenang Oscar ini ditulis oleh Tilda Swinton, yang sebelumnya bekerja sama dengan Bong Joon-ho di film Snowpiercer.

Swinton semula menuliskan tentang kesederhanaan sosok Bong Joon-ho sehingga layak disandingkan sebagai orang paling berpengaruh.

“Dia adalah pembuat film yang, tahun ini, telah mencapai visi 2020 dari seluruh planet yang penuh gairah seperti matahari baru. Cerdas, sangat terampil, sangat memahami film, bersemangat, kurang sopan, menentukan nasib sendiri, sangat romantis, menggilai keabsurdan, sangat berprinsip, presisi, penuh kasih sampai yang terakhir, film-filmnya selalu seperti ini,” tulisnya di Time.

“Sepertinya sudah waktunya bagi dunia untuk mengejar ketinggalan. Dia adalah fanboy sinematik yang paling canggih tanpa menyembunyikan sedikit pun keangkuhan atau sinisme: dia hebat untuk sinema dari awal hingga akhir.”

Namun di balik itu, Swinton mengungkapkan bahwa Joon-ho merupakan pribadi yang ramah, setia, ceria, konyol, dan baik hati.

Bong Joon-ho tahun ini mencetak sejarah dengan kemenangan film garapannya, Parasite di Academy Awards atau Piala Oscar.

Dalam Oscar 2020, Bong Joon-ho bersama tim Parasite membawa pulang empat piala, yaitu untuk kategori Film Terbaik (Best Picture), Best Director (Sutradara Terbaik), Naskah Orisinal Terbaik (Best Original Screenplay), dan Film Internasional Terbaik (Best International Feature).

Capaian tersebut menjadikan Parasite sebagai film Asia pertama sekaligus film non-bahasa Inggris perdana yang menang film terbaik (Best Picture) dalam ajang Oscar.

Sebelum Oscar, Parasite juga menjadi Film Internasional Terbaik dalam Golden Globe 2020. Tak hanya itu, seluruh pemain film Parasite juga menjadi Pemain Terbaik (Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture) dalam Screen Actors Guild (SAG) Award.

Kemenangan internasional pertama diraih Parasite dalam Cannes Film Festival 2019. Film satire tersebut pertama kali ditayangkan di Cannes dan langsung mendapatkan penghargaan tertinggi, Palme d’Or.

Parasite merupakan film satir berbumbu thriller yang menunjukkan kesenjangan sosial dan ekonomi di beberapa keluarga. Film tersebut menunjukkan usaha bertahan hidup masyarakat kurang mampu yang berubah menjadi tragedi dengan sedikit bumbu komedi.

Selain Bong Joon-ho, daftar ‘Time 100 Most Influential People 2020’ juga menobatkan sejumlah pesohor seperti The Weeknd, Michael B. Jordan, Selena Gomez, J Balvin, Halsey, Phoebe Waller-Bridge, Jennifer Hudson, Yo-Yo Ma, Dapper Dan, Anais Mitchell, Lastesis, Julie Mehretu, serta Ayushmann Khurrana.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *