Tiongkok Ucapkan Selamat atas Terpilihnya Ketua Baru LDP

Pemerintah Tiongkok mengucapkan selamat kepada Yoshihide Suga yang terpilih menjadi ketua baru partai berkuasa di Jepang, Partai Demokratik Liberal (LDP) pada Senin 14 September. Ucapan selamat disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin dalam konferensi pers rutin di Beijing.

Terpilihnya Suga sebagai ketua LDP memastikan dirinya menjadi perdana menteri baru Jepang. Rencananya, Suga akan dilantik menjadi PM baru menggantikan Shinzo Abe pada hari ini, Selasa 15 September 2020.

“Tiongkok siap bekerja sama dengan pemimpin baru Jepang di bawah prinsip dan semangat yang tercantum dalam empat dokumen politik antar kedua negara,” ujar Wang, dilansir dari laman Xinhua.

“Kami juga siap memperdalam kerja sama dalam memerangi pandemi covid-19 dan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial, serta mendorong kelanjutan pemulihan hubungan antara Tiongkok dan Jepang,” sambungnya.

Selama 7 tahun lebih Yoshihide Suga mendampangi Shinzo Abe yang menjabat Perdana Menteri Jepang. Posisinya sebagai Sekretaris Kabinet Jepang, dianggap krusial memberikan masukan untuk Abe.

Menurut biografi Isao Mori, ayah Suga menyarankan agar dia bekerja di pertanian keluarga. Tetapi pria berusia 71 tahun itu memutuskan untuk pindah ke Tokyo. Dia melakukan pekerjaan serabutan, pertama di perusahaan karton dan kemudian mengemudikan truk di pasar ikan Tsukiji, sebelum mendaftar di Universitas Hosei.

Ketika memutuskan untuk mengejar karier politik, Suga tidak ada koneksi keluarga. Dia bahkan meminta pusat layanan karier untuk memperkenalkan dirinya dengan anggota parlemen.

Meski dikenal bukan sebagai tokoh enerjik atau ambisius, Suga memiliki reputasi sebagai politikus yang bekerja secara efisien serta praktis.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *