Piala Asia U16 dan U19 2020 Resmi Ditunda, PSSI Dukung Keputusan AFC

Federasi Sepak Bola Asia ( AFC) resmi menunda gelaran Piala Asia U16 dan U19 yang semula dijadwalkan berlangsung pada Oktober hingga November 2020. Penundaan dua kompetisi usia muda paling bergengsi di Benua Asia itu diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9/2020).

Berdasarkan pernyataan yang diunggah pada laman resmi AFC, Piala Asia U19 dan U16 akan ditunda hingga awal 2021. Keputusan ini tak lepas dari situasi pandemi virus corona yang masih melanda sejumlah negara-negara di Asia. “Kejuaraan Piala Asia U16 dan U19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal 2021.” “Keputusan itu diambil demi memprioritaskan kesejahteraan dan kesehatan para pemain muda, serta meminimalisasi risiko dalam perjalanan,” demikian pernyataan resmi AFC.

Indonesia sebagai salah satu peserta Piala AFC U16 dan U19, mendukung keputusan AFC. Hal tersebut tampak dari pernyataan PSSI selaku induk sepak bola tertinggi di Indonesia. “PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U16 dan U19 tahun ini,” kata Ketua Umum Mochamad Iriawan. Lebih lanjut, PSSI mengatakan bahwa tim pelatih berencana mengubah program latihan yang tengah dijalani skuad Garuda Muda.

“Dengan ini, tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” ujar Iriawan.

Adapun skuad timnas U19 Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

David Maulana dkk sudah melakoni serangkaian latihan dan dua laga uji coba kontra tuan rumah Kroasia dan Bulgaria.

Terdekat, mereka dijadwalkan bersua Arab Saudi pada Jumat (11/9/2020) malam WIB.

Sementara itu, timnas U16 sudah melakoni dua TC yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, bersama pelatih Bima Sakti.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *