Minyak Dunia Turun 2 Persen Akibat Peningkatan Pasokan di AS

Harga minyak jatuh hampir 2 persen pada akhir perdagangan Kamis (10/9) waktu Amerika Serikat (AS) atau Jumat (11/9) pagi WIB tertekan oleh peningkatan stok di Negeri Paman Sam.

Dikutip dari Antara, Jumat (11/9), minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November merosot 73 sen atau 1,8 persen ke level US$40,06 per barel.

Sementara minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober turun 75 sen atau 2 persen ke US$37,30 per barel.

Setelah penutupan pasar, WTI secara singkat diperdagangkan turun lebih dari US$1 per barel dan Brent turun sebanyak 99 sen.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah di Negeri Paman Sam naik dua juta barel pekan lalu.

Itu mengonfirmasi arah kenaikan tiga juta barel yang dilaporkan oleh American Petroleum Institute (API). Tapi, kenaikan itu mengejutkan dibandingkan dengan penurunan 1,3 juta barel yang diperkirakan para analis.

“Data minyak mentah hari ini tampak bearish dengan satu-satunya elemen pendukung adalah fakta bahwa kenaikan dua juta barel kurang dari yang diindikasikan oleh API,” kata Jim Ritterbusch, Presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois.

Ia memperkirakan pelemahan harga bisa terus berlanjut terutama jika penyuling di Teluk Meksiko yang tutup karena Badai Laura beroperasi kembali.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Fokus Riau

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *