September, PA 212 Bakal Nobar G30S/PKI di Masjid dan Musala

Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (ANAK) NKRI berencana menyelenggarakan nonton bareng film G30S/PKI. Acara tersebut akan diselenggarakan serentak secara nasional pada 30 September 2020.

Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan nonton bareng film G30S/PKI ini dilakukan di masjid atau musala di wilayah masing-masing. Menurutnya, acara nonton film ini digelar untuk mengingatkan bahaya ideologi komunis masih mengancam Indonesia.

“Jam delapan malam nobar film G30S PKI agar anak bangsa tidak lupa dengan sejarah dan bahayanya PKI untuk bangsa Indonesia,” kata Slamet saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (31/8).

Slamet mengklaim PA 212 mengindikasikan bahaya komunis masih ada di Indonesia. Menurutnya, yang paling baru adalah rencana pemerintah memisahkan agama dengan negara dan mengubah Pancasila menjadi eka sila.

“Sejak reformasi litsus (penelitian khusus) sudah tidak ada, pengkhianatan PKI sudah tidak ada di kurikulum nasional, film G30S PKI tidak ditayangkan lagi tv nasional, kader mereka sudah berani sebut PKI seperti dalam tulisan bukunya, mereka sudah masuk parlemen,” ujarnya.

Slamet mengatakan sebelum menonton film tersebut peserta diminta untuk membaca Alquran sampai waktu maghrib. Setelah itu dilakukan doa bersama dan taubat nasional.

“Habis magrib doa taubat nasional dengan tujuan berdoa untuk Indonesia agar Allah selamatkan bangsa dan negara ini dari bahaya komunis dan agar diangkat musibah Covid-19 dari Indonesia,” katanya.

Pada 2017 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan nonton bareng film G30S/PKI, meskipun dikritik sejumlah pihak lantaran film tersebut bagian propaganda Orde Baru.

Jokowi pun ikut menonton film tersebut bersama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo di Makorem 061/Suryakancana, Kota Bogor.

Gatot mengatakan pemutaran ulang film tersebut bertujuan untuk mengingatkan peristiwa yang terjadi pada 30 September 1965 silam agar tidak terulang lagi di masa sekarang.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *