2 Stadion di Yogyakarta Siap Jadi Markas Klub Luar Pulau Jawa di Liga 1 2020

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyiapkan Stadion Maguwoharjo dan Stadion Sultan Agung di Yogyakarta sebagai markas bagi klub luar Pulau Jawa untuk lanjutan Liga 1 2020. PT LIB mengambil keputusan untuk menggelar laga Liga 1 2020 berpusat di Pulau Jawa.

Keputusan tersebut membuat markas dari enam klub luar Jawa bakal “dipindahkan” ke Yogyakarta. Enam klub yang bakal pindah laga kandang ke Yogyakarta adalah Bali United, Persiraja Banda Aceh, Borneo FC, Barito Putera, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Menurut rencana, keenam tim itu akan bergantian menggunakan dua stadion yang ada di Yogyakarta, yakni Stadion Maguwoharjo di Sleman dan Stadion Sultan Agung di Bantul.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, memastikan bila kedua stadion itu sudah siap digunakan untuk laga lanjutan Liga 1 2020. Kedua stadion itu hanya membutuhkan pemulihan dan perbaikan rumput karena sudah lama tidak digunakan. “Secara umum venue-nya sudah baik untuk menggelar pertandingan,” tutur Sudjarno.

“Ya, memang rumput dalam pemeliharaan, itu biasalah karena lama enggak dipakai,” ucapnya. Sudjarno juga menjelaskan bahwa Liga 1 2020 akan berlangsung selama lima bulan sejak 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021.

Dalam satu pekan, setiap tim akan menjalani sekitar dua pertandingan dengan masa jeda antarlaga selama empat atau lima hari. “Dari durasi yaitu 1 Oktober hingga 28 Februari 2021, recovery day antara 4 hingga 5 hari. Insya Allah klub-klub liga satu siap,” ucapnya.

Di sisi lain, PT LIB telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DIY untuk melanjutkan Liga 1 2020 di daerahnya. Hal itu tentu dengan syarat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berlangsungnya kompetisi.

“Kami telah menginformasikan kepada Pemprov DIY tentang kompetisi Liga 1 secara global,” tutur Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. “Bagaimana pun banyak aspek yang harus diketahui oleh pemerintah setempat. Semua demi sepak bola nasional secara keseluruhan,” kata Akhmad Hadian Lukita.

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *