RI-Swiss Sepakat Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Indonesia dan Swiss sepakat meningkatkan kerja sama penanggulangan bencana. Untuk itu, kedua negara menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama penanggulangan bencana antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Swiss Development Cooperation.

Kegiatan yang berlangsung hari ini, Selasa, 21 Juli 2020, dilakukan di Graha BNPB dan dilakukan Kepala BNPB Doni Monardo, serta Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kuntz.

“Kesepakatan ini hasil diplomasi penanggulangan bencana Kementerian Luar Negeri RI melalui fasilitasi dan serangkaian negosiasi dengan Kemenlu Swiss,” demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id.

Melalui kesepakatan ini, kedua pihak melakukan dialog tahunan yang membahas pengembangan dan potensi kerja sama penanggulangan bencana. Ini termasuk dukungan pendanaan dari Pemerintah Swiss, serta keterlibatan perusahaan Swiss di Indonesia seperti Roche dalam memberikan pelatihan dan transfer teknologi.

MoU ini melengkapi berbagai kerja sama bilateral Indonesia-Swiss lainnya, seperti perjanjian perdagangan bebas Indonesia-EFTA CEPA. Dan juga kerja sama bantuan hukum timbal balik dalam bidang pidana (MLA).

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *