Andrzej Duda Kembali Terpilih Jadi Presiden Polandia

Andrzej Dudakembali terpilih menjadi Presiden Polandia pada pemilihan presiden putaran kedua, Minggu, 12 Juli 2020. Sang petahana akan kembali memimpin Polandia untuk kali kedua dalam waktu lima tahun ke depan.

Laman The Guardian, Senin, 13 Juli 2020, dari hasil penghitungan Komisi Pemilihan Polandia, Duda mendapat 51,21 persen suara. Dia unggul dari Rafal Trzaskowski yang mengantongi suara 48,79 persen.

Komisi Pemilihan Polandia mengatakan hasil resmi akan segera diumumkan. Kepala Komisi Pemilihan, Sylwester Marciniak menuturkan Duda sudah unggul dengan mengantongi hampir 500 ribu suara lebih banyak dari rivalnya.

“Saya bahagia dengan kemenangan saya,” kata Duda kepada pendukungnya didampingi istri dan putrinya.

Para pendukungnya berteriak ‘Hidup Polandia’ sembari melambaikan bendera putih merah milik negara tersebut.

Sementara lawannya, Trzaskowski mengatakan kepada pendukungnya mereka hanya kalah tipis. “Hasilnya tidak pernah sedekat ini dalam sejarah Polandia. Kami belum pernah merasakan kekuatan sebesar ini dalam pemilihan di negara kita,” terangnya.

Kemenangan Duda mengakhiri kampanye sengit keduanya yang didominasi isu budaya. Media pemerintah, hingga gereja Katolik turut berpengaruh memberikan dukungan pada Duda yang adalah politikus Partai Hukum dan Kehakiman.

Partai sang petahana berusaha memperbesar mayoritas di parlemen dengan memberlakukan kebijakan sosial yang konservatif. Banyak kalangan, termasuk di Uni Eropa mengkritisi kebijakan tersebut karena dianggap tidak demokratis.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar :Time Magazine

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *