PSBB Transisi Fase 2 Jakarta, Penumpang KRL Depok Padat

Suasana di Stasiun Depok Lama, Jawa Barat, terpantau padat Senin (6/7) pagi. Namun kepadatan ini tak membuat terjadi antrean panjang penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line di masa PSBB Transisi DKI Jakarta fase kedua.
Pantauan CNNIndonesia.com sejak pukul 06.30 hingga pukul 07.00 WIB, penumpang terus berdatangan ke stasiun, meski demikian, tidak terlihat ada penumpukan penumpang di pintu utama.

Sebelum masuk ke peron, penumpang harus melewati petugas pemeriksaan suhu badan.

Sementara situasi di dalam peron terlihat cukup ramai. Petugas yang menggunakan pengeras suara terdengar beberapa kali meminta calon penumpang untuk menjaga jarak.

Selain petugas dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), petugas dari unsur TNI dan Kepolisian juga terlihat berjaga di dalam maupun di luar peron.

Dalam perjalanan kereta Depok-Jakarta Kota, situasi di kereta juga terlihat cukup padat. Kursi panjang yang maksimal terisi empat orang, terlihat penuh.

Kursi prioritas yang maksimal diisi dua orang, juga terlihat terisi penuh. Penumpang yang tidak kebagian kursi, terlihat berdiri namun tidak saling berhadapan.

Berdasarkan catatan PT KCI sejak PSBB Transisi berlaku, jumlah pengguna KRL terus meningkat setiap pekannya.

Pada Senin (29/6) volume pengguna KRL mencapai 393.498 orang. Angka ini meningkat 31 persen dibanding hari kerja pertama pemberlakuan PSBB transisi pada Senin (8/6) yaitu 300.029.

Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan dari hampir 400 ribu pengguna KRL ini, pola perjalanannya terpusat pada jam-jam sibuk khususnya 06.00 – 08.00 pada pagi hari dan 17.00 – 19.00 di sore hari.

“Antrean di stasiun biasanya sudah mencapai zona terluar di tiap-tiap stasiun yang menjadi titik keberangkatan pengguna,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (5/7).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memutuskan PSBB transisi di Ibu Kota diperpanjang 14 hari.

“PSBB [Transisi] di Jakarta diperpanjang 14 hari ke depan dan akan evaluasi lagi sesudah kita dapat perkembangan terbaru,” ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (1/7)

Sejak itu sejumlah kegiatan yang dibatasi selama PSBB mendapat pelonggaran.

Beberapa di antaranya kegiatan ibadah termasuk salat Jumat kembali dibuka dan sejumlah perkantoran kembali beroperasi.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *