Tiga Klub Tolak Liga 1 Dilanjutkan, Ini Kata Ketum PSSI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan angkat bicara terkait sikap tiga klub Liga 1 2020 yang tetap tidak ingin kompetisi dilanjutkan. Sebelumnya, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, dan Barito Putera menolak melanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

Para petinggi klub menilai tetap menggelar kompetisi Liga 1 di tengah wabah virus corona justru kian menambah masalah. Namun, ketiga klub tersebut tetap menghormati surat keputusan PSSI yang menerbitkan SKEP 53/VI/2020 untuk izin melanjutkan kompetisi kembali pada Oktober nanti.

Tak hanya Liga 1, PSSI juga memberikan izin untuk menggelar Liga 2 dan Liga 3 dalam waktu dekat. Terkait masalah penolakan, Mochamad Iriawan berencana untuk melobi tiga klub tersebut.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meyakini ketiga klub tersebut bakal setuju dan akan tampil di Liga 1 2020. “Saya menghormati apa yang disampaikan Persebaya Surabaya, Barito Putera, dan Persik Kediri. Semua kawan kita,” kata Iwan Bule mengutip dari laman resmi PSSI.

“Nanti kami akan diskusi dengan mereka, termasuk bagaimana opsi-opsinya,” ucap Iwan Bule. PSSI memang sudah merancang beberapa opsi jika Liga 1 2020 kembali bergulir.

Federasi sepak bola Indonesia itu akan membuat protokol kesehatan yang ketat saat Liga 1 2020 dimainkan. Tak hanya itu, semua pertandingan Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. PSSI juga sudah memastikan tidak ada klub Liga 1 2020 yang degradasi, meskipun nanti ada dua tim Liga 2 2020 yang promosi ke Liga 1 2021.

Uang subsidi klub Liga 1 2020 juga bertambah, dari Rp 520 juta mencapai Rp 800 juta perbulan. Untuk tempat tinggal, PSSI akan membantu pembiayaan sewa hotel kepada klub di luar Pulau Jawa untuk berkandang di Yogyakarta ataupun Solo. “Yang pasti kita berharap situasi corona sudah melandai pada Oktober mendatang,” kata Iwan Bule.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *