Jokowi Resmi Lantik Yudo Margono Jadi KSAL dan Fadjar Prasetyo Sebagai KSAU

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Dua pucuk pimpinan TNI itu yakni, Laksamana Madya Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.

Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/5/2020), pukul 09.30 WIB. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 dan 33 TNI tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL dan KSAU.

Keduanya juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi melalui Keppres Nomor 34 dan 35 TNI tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI. Dengan begitu, Yudo mendapat kenaikan pangkat menjadi Laksamana sementara Fadjar menjadi Marsekal.

Jokowi kemudian memimpin prosesi sumpah jabatan yang diikuti Yudo dan Fadjar. Acara pelantikan menerapkan protokol kesehatan virus corona (Covid-19), dimana Jokowi, Yudo Margono, Fadjar Prasetyo, serta sejumlah pejabat negara yang hadir menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Yudo dan Fadjar bersamaan.

Acara pelantikan tampak dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, hingga Menko Polhukam Mahfud Md. Ada pula Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Laksamana Siwi Sukma Adji Pensiun

Sebagai informasi, Yudo Margono menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang akan pensiun Mei 2020. Yudo saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Dia aktif memberikan informasi terkait perkembangan pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dan Pulau Galang.

Yudo merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut tahun 1998. Dia memulai karirnya sebagai Asisten Perwira Divisi Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 tahun 1988.

Sementara itu, Fadjar Prasetyo akan menggantikan Marsekal Yuyu Sutrisna yang akan memasuki masa pensiun pada Juni 2020. Fadjar saat ini menjabat sebagai Pangkogabwilhan II.

Dia pernah menjabat sebagai Atase Udara di Malaysia hingga menjadi Komandan Lanud Halim Perdanakusuma pada 2016-2018. Karir militer lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1998 itu dimulai sebagai Pa Pnb Skadud 11 Lanud Hasanuddin.

 

 

 

 

 

 

Sumber : .liputan6.com
Gambar : BeritaSatu.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *