Trump Tak Minat Ubah Tanggal Pilpres AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan dirinya tak berpikir untuk mengubah tanggal Pemilihan Presiden AS pada 3 November mendatang.

“Saya tidak pernah berpikir untuk mengubah tanggal pemilihan. 3 November, angka yang baik,” kata Trump kepada wartawan dalam konferensi pers ketika ditanya apakah ia telah mempertimbangkan langkah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Trump juga menekankan bahwa penantangnya, Joe Biden tidak pernah menyebut dirinya bakal menunda pelaksanaan pemilihan presiden. Padahal dalam beberapa kesempatan sebelumnya selalu menuding Trump bakal memundurkan waktu pelaksanaan Pemilihan Presiden AS.

“Pegang kata-kata saya: Saya rasa dia akan mencoba memundurkan waktu pemilihan, ia akan hadir dengan sejumlah alasan rasional tentang ketidakmungkinan hal itu digelar [tepat waktu],” ujar Biden.

Trump sendiri tidak bisa mengubah tanggal pemilihan pada bulan November secara sepihak karena hal itu telah ditetapkan dalam UU oleh Undang-undang Federal dan Kongres yang harus menyetujui upaya tersebut.

Namun hal itu tetap membuat sejumlah pihak di Partai Demokrat khawatir bahwa Trump bakal menunda pemilihan atau bahkan menolak meninggalkan Gedung Putih bila ia kalah di bulan November.

Sebelumnya, hasil jajak pendapat (polling) CNN yang dilakukan lembaga riset SSRS menunjukkan mayoritas warga Amerika Serikat berpikir bahwa Donald Trump akan kembali memenangkan Pemilihan Presiden 2020 mendatang, meski didera isu perekonomian AS akan bergerak negatif.

Hasil polling CNN terbaru ini berbanding terbalik dibanding hasil polling serupa pada Desember 2018 yang menunjukkan mayoritas (51 persen) warga AS memperkirakan Trump tak bakal terpilih lagi.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *