Italia Cabut Lockdown Secara Berkala Mulai 4 Mei

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan bahwa Italia akan mulai mencabut kebijakan penguncian wilayah (lockdown) secara berkala mulai 4 Mei mendatang. Nantinya, sejumlah perusahaan dan toko akan kembali beroperasi setelah tutup total selama lebih kurang tujuh pekan.

Dalam sebuah konferensi pers pada Minggu malam, 26 April 2020, Conte mengumumkan dimulainya “fase dua” dari wabah virus korona (covid-19), yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 26 ribu orang di seantero Italia.

PM Conte memperingatkan warga Italia bahwa memperlonggar lockdown bukan berarti akhir dari aturan menjaga jarak sosial atau social distancing. Ia menegaskan, warga Italia masih harus tetap mematuhi aturan ketat seperti menjaga kebersihan dan tetap mengenakan masker.

“Jika kalian mencintai Italia, tolong jaga jarak,” sebut PM Conte. Ia menjelaskan bahwa “fase kedua” adalah kondisi saat warga Italia dan covid-19 hidup berdampingan.

Mulai 4 Mei mendatang, sejumlah taman publik di Italia akan dibuka kembali. Warga Italia juga diizinkan untuk kembali mengunjungi keluarga atau kerabat masing-masing, dengan syarat mereka berada di satu wilayah yang sama.

Saat mengunjungi keluarga atau kerabat, warga Italia diwajibkan mengenakan masker dan tidak boleh menggelar pesta. PM Conte mewanti-wanti warga untuk tidak melanggar aturan. “Jika melanggar aturan, kematian (akibat covid-19) akan kembali melonjak, dan perekonomian negara kita akan sulit diperbaiki,” ungkap PM Conte, dikutip dari Anadolu Agency.

Semua aktivitas di bidang manufaktur dan konstruksi juga akan diizinkan beroperasi mulai 4 Mei. Namun pihak perusahaan harus memastikan kegiatan operasional berjalan dengan tetap berlandaskan protokol kesehatan.

Pemakaman keluarga juga akan diizinkan kembali di Italia, dengan syarat harus dilakukan di area terbuka dan maksimal hanya dihadiri 15 orang.

Untuk toko-toko retail, PM Conte berharap operasionalnya juga dapat dimulai kembali di bulan Mei. Restoran, kafe, dan tukang cukur di Italia baru dapat beroperasi kembali mulai 1 Juni.

Sementara kegiatan persekolahan di Italia baru akan dibuka lagi pada September mendatang.

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Alinea.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *