Kasus Corona Menurun, Korsel Tetap Perketat Pengawasan

Korea Selatan melaporkan tren penurunan kasus virus corona (Covid-19) dalam kurun dua bulan terakhir. Bahkan pada Minggu (19/4) ini dilaporkan pertama kalinya hanya 8 kasus infeksi Covid-19 terjadi dalam sehari.

Meski demikian, Korea Selatan tetap tak akan menurunkan kewaspadaan dan pengawasan.

“Kita tidak boleh melonggarkan penjagaan kita sampai pasien terkonfirmasi yang terakhir pulih,” kata Presiden Moon Jae-in dilansir dari AP.

Moon meminta warga Korea Selatan untuk mendukung pemerintahnya dalam menyelamatkan negara dan merevitalisasi perekonomian.

“Upaya pemerintah saja tidak cukup di tengah krisis ekonomi dunia yang parah. Solidaritas dan kerja sama publik juga diperlukan untuk menghidupkan kembali perekonomian kita,” kata dia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan sampai saat ini sudah ada 10.661 kasus, termasuk 234 kasus kematian.

Sebanyak 8.042 orang di antaranya pulih dan diperbolehkan keluar dari karantina. Sementara 12.243 orang lainnya sedang menjalani tes untuk menentukan apakah mereka telah tertular atau tidak.

Ini menjadi pertama kalinya kasus infeksi di Korea Selatan berkurang drastis sejak mencatat ratusan kasus baru setiap hari pada akhir Februari dan awal Maret lalu, khususnya di sebagian besar kota tenggara Daegu dan sekitarnya.

Meskipun tren menurun, para pejabat Korea Selatan tetap memperingatkan tentang kemungkinan penyebaran yang lebih luas tanpa terdeteksi karena orang-orang melonggarkan jarak aman.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *