WHO Sebut Tiga Vaksin Corona Telah Diuji ke Manusia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini ada 70 vaksin virus corona yang sedang dalam pengembangan. Tiga di antaranya telah diuji coba ke manusia.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, satu vaksin diuji klinis oleh perusahaan CanSino Biologics Inc dan Beijing Institute of Biotechnology.

Berdasarkan dokumen WHO, dua vaksin lainnya diujikan pada manusia oleh produsen obat Amerika Serikat Moderna Inc dan Inovio Pharmaceuticals Inc.

Vaksin tersebut dikembangkan dengan kecepatan luar biasa di mana saat ini dunia tengah berpacu dengan waktu untuk menaklukan virus corona.

Beberapa perusahaan obat juga meyakini dapat menyelesaikan pembuatan vaksin secepat mungkin. Biasanya pengembangan vaksin membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan bahwa vaksin merupakan cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 119 ribu orang di seluruh dunia.

Virus mematikan itu sulit dihilangkan jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti menjaga jarak maupun lockdown.

“Keterhubungan global itu artinya meningkatkan risiko penularan dan kebangkitan Covid-19 akan terus berlanjut,” kata Ghebreyesus dalam briefing virtual dari Jenewa seperti dikutip dari AFP, Selasa (14/4).

Kata dia, vaksin sangat diperlukan untuk menghentikan transmisi sepenuhnya.

Hingga kini virus corona telah menginfeksi 1.923.858 orang di lebih dari 200 negara. Dari jumlah itu, 119.599 orang meninggal, dan 444.017 dinyatakan sembuh.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *