Tito Minta Kepala Daerah Tak Bereaksi Berlebihan soal Corona

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah tak memberikan reaksi berlebihan dalam memberikan informasi seputar virus corona (Covid-19).

Ia juga meminta para kepala daerah bisa memastikan imbauan kepada warganya masing-masing untuk tetap tenang.

Hal tersebut tercantum dalam Surat Telegram Menteri Dalam Negeri bernomor 443.1/2130/III/SJ pada 4 Maret 2020.

“Dalam pelaksanaannya agar [kepala daerah] mengimbau masyarakat agar untuk tetap tenang, tak memberikan reaksi yang berlebihan,” kata Tito dalam isi telegram tersebut yang sudah dikonfirmasi.

Lebih lanjut, Tito meminta kepala daerah membatasi publikasi yang tak perlu, dan berpotensi menimbulkan kepanikan di tengah-tengah masyarakat.

Tito juga menyarankan agar kepala daerah menginformasikan perihal virus corona lewat pusat informasi yang sudah disiapkan Kementerian Kesehatan.

“Untuk mencegah simpang siur berita, informasi terkait Covid-19 dilakukan satu pintu melalui pusat informasi virus corona pada Kemenkes RI,” kata dia.

Tito mengatakan informasi yang tepat terhadap seluruh petugas kesehatan, pasien dan masyarakat merupakan salah satu langkah pencegahan agar virus tersebut tak menyebar lebih lanjut.

“Guna mengurangi transmisi, pemda harus menyusun strategi khusus agar pencegahan virus tak menimbulkan dampak destruktif pada aspek lainnya seperti sosial dan ekonomi,” kata Tito.

Tito juga menyarankan setiap kepala daerah terus berkoordinasi dengan Forkopimda untuk menjaga kondusivitas wilayah masing-masing. Tak hanya itu, kepala daerah diwajibkan untuk menjaga bahan pokok dengan harga yang stabil di tengah antisipasi risiko wabah virus corona.

“Ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di daerah dengan harga yang stabil serta melaporkan perkembangan di daerah pada kesempatan pertama kepada Kemendagri secara cepat dan akurat melalui posko bencana,” kata dia.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Mercinews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *