Menkes: Tak Ada Pembatasan Kegiatan Warga di Depok

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan tak akan membatasi kegiatan di Depok, Jawa Barat, setelah dua warga setempat dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19. Menurut Terawan, warga dapat beraktivitas seperti biasa.

“Enggak ada pemberhentian kegiatan yang melibatkan banyak orang, enggak ada. Kita rasional saja, masa mau ditutup. Masa seluruh Indonesia harus ditutup. Ya enggaklah,” ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Terawan menuturkan pembatasan kegiatan dan isolasi hanya dilakukan di rumah dua warga yang terinfeksi virus corona. Ia juga memastikan Dinas Kesehatan Kota Depok terus memantau kondisi rumah dua warga tersebut.

“Sesuai prosedur, dinkes memantau dan isolasi rumah,” ucapnya.

Terawan mengatakan warga tak perlu khawatir atau takut berlebihan menghadapi keberadaan dua pasien yang telah dinyatakan positif virus corona. Ia hanya mengingatkan agar warga hati-hati dan tetap menjaga kesehatan.

“Kita hati-hati tapi tidak boleh paranoid. Kita lakukan cegah tangkal yang baik, kalau paranoid kita juga menyalahi prosedur WHO, karena kalau sampai paranoid dan cemas kita menyalahi prosedur,” katanya.

Terawan juga mengingatkan pada warga agar tak menggunakan masker secara berlebihan. Menurutnya, masker hanya digunakan bagi orang yang sakit atau orang yang memiliki kontak dengan orang sakit. Sementara bagi warga yang sehat tak perlu menggunakan masker.

“Kalau yang sehat pakai [masker] juga percuma. Dia nanti megang-megang tangannya, tetap bisa kena. Daripada itu mending dia jauhi orang sakit, yang sakit menutup diri,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan keberadaan dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona. Dua WNI itu diduga terinfeksi setelah bertemu dengan seorang warga negara Jepang yang telah dinyatakan positif virus corona di Malaysia.

Kedua WNI itu sekarang tengah menjalani perawatan di RSPI Sulianto Suroso, Jakarta.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Nusa Daily

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *