BPBD DKI: Pintu Air Manggarai Siaga 3 Status Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan Pintu Air Manggarai siaga 3 atau status waspada. Saat ini tinggi muka air mencapai 785 sentimeter dengan kondisi cuaca mendung sejak pukul 06.00 WIB pada Senin (2/3).

Informasi terkait tinggi muka air itu disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun resmi Twitter @BPBDJakarta berdasarkan data dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

Selain Pintu Air Manggarai, status siaga 3 atau waspada juga terjadi di Pintu Air Angke Hulu dengan tinggi muka air 230 sentimeter kondisi cuaca mendung, dan Pasar Ikan dengan ketinggian muka air 196 sentimeter kondisi cuaca gerimis.

BPBD DKI meminta warga untuk melakukan antisipasi, khususnya di wilayah Gondangdia, Grogol, Kalianyar, Palmerah, Karet Tengsin, dan Kota Bambu Barat. Selain itu, Kota Bambu Selatan, Menteng, Petamburan dan Tomang.

Terkait dengan kenaikan tinggi muka air di manggarai itu, BPBD DKI melakukan penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran sungai melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, laman dan aplikasi percakapan WhatsApp.

BPBD DKI juga menginformasikan kondisi siaga III itu kepada para camat dan lurah melalui grup WhatsApp kebencanaan.

Sementara status normal atau siaga 4 terjadi di empat wilayah. Pertama, Pintu Air Katulampa saat ini mencapai 40 sentimeter dengan kondisi gerimis. Pintu Air Depok setinggi 135 sentimeter, kondisi mendung.

Pintu Air Karet dengan tinggi muka air 450 sentimeter dengan kondisi cuaca mendung. Sementara di Krukut Hulu tinggi muka air yaitu 90 sentimeter dengan kondisi cuaca mendung.

Pintu Air Pesanggarahan setinggi 120 sentimeter, kondisi mendung. Sementara di Pintu Air Waduk Pluit tinggi air 180 sentimeter, kondisi mendung.

Pintu Air Cipinang Hulu setinggi 120 sentimeter kodisi cuaca mendung tipis. Di Sunter Hulu, tinggi muka air 110 kondisi cuaca mendung. Sementara di Pintu Air Pulo Gadung tinggi air 330 sentimeter, kondisi mendung.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat peringatan dini cuaca di Jabodetabek berpotensi terjadi hujan sedang-lebat pada pukul 08.15 WIB di beberapa wilayah.

Di Kabupaten Bogor, yaitu di wilayah Babakanmadang, Bojong Gede, Ciampea, Ciawi, Cibungbulan, Cisarua, Ciseeng, Dramaga, Kemang, Megamendung, Parung, Rancabungur, Sukamakmur, Tajur Halang, Tanjungsari, Cibinong, Ciomas, Citeureup, Gunung Sindur, Sukaraja, dan sekitarnya.

Di Kota Bogor yaitu Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal, dan sekitarnya dan dapat meluas ke wilayah Kota Bogor, yaitu Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Timur.

Sementara di Kota Bekasi, yaitu Bantar Gebang, Mustika Jaya. Kota Depok terjadi di Bojongsari, Cilodong, Cipayung, dan Sawangan.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10.15 WIB,” kata prakirawan BMKG Pusat dalam keterangan tertulis.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Metro Tempo.co

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *