Tiga Zona Rute Balapan Formula E

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan Formula E akan digelar di sekitar Monumen Nasional (Monas) dan kawasan Medan Merdeka, Jakarta. Ada tiga zona yang disiapkan untuk rute adu jet darat itu.

“Kawasan Medan Merdeka ada tiga zona, zona dalam (Monas), zona pendukungnya sekitar Monas. (Hotel) Grand Hyatt sampai (jalan) Abdul Muis, sampai (masjid) Istiqlal, sampai belakang Istana, sampai Kebon Sirih, itu kawasan Medan Merdeka,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Februari 2020.

Saefullah menyebut PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah menyiapkan infrastruktur perhelatan Formula E. Pemprov DKI akan menyosialisasikan ajang balapan mobil listrik ini kepada masyarakat.

“Kalau ada hal-hal yang terganggu dalam rangka persiapan, kita minta pengertiannya sekaligus mohon maaf. Karena pasti dalam konstruksi ada hal-hal yang terganggu,” ujar Saefullah.

Pemproc DKI masih menunggu persetujuan dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno terkait rute Formula E ini. Rute keseluruhan akan dipublikasikan setelah persetujuan keluar dari Pratikno.

“Itu nanti dijawab lebih detail akan ada konferensi pers bersama antara Pak Gubernur (Anies Baswedan) dan Pak Mensesneg (Praktikno),” ucap Saefullah.

Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka sebelumnya meminta Pemprov DKI memperhatikan sejumlah hal dalam pelaksanaan Formula E. Konstruksi lintasan, tribun penonton, dan fasilitas harus sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

Jajaran Ibu Kota juga wajib menjaga keasrian, kelestarian vegetasi, dan kebersihan kawasan Medan Merdeka. Keamanan dan ketertiban juga harus diperhatikan. Instansi terkait juga wajib dilibatkan untuk menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan cagar budaya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Indosport

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *