Jokowi Puji Partai Buruh Australia

Presiden Joko Widodo memuji Partai Buruh Australia. Hal itu disampaikan dalam kunjungan kehormatan Ketua Partai Buruh Australia, Anthony Albanese, di Ruang MG 63 Gedung Parlemen, Canberra, Australia.

“Saya sangat mengapresiasi konsistensi Partai Buruh dalam mendukung peningkatan hubungan bilateral kedua negara kita, termasuk dukungan bagi kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Senin, 10 Februari 2020.

Kepada partai oposisi di ‘Negeri Kanguru’, Presiden menjelaskan Indonesia terus meningkatkan kesejahteraan, perlindungan hak asasi manusia (HAM), dan pemerataan pembangunan, termasuk di Papua dan Papua Barat. Dia pun senang oposisi Australia mendukung ratifikasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

“Kita secara bersama harus bekerja keras agar implementasi IA-CEPA akan menguntungkan rakyat kedua negara,” ungkap Kepala Negara.

Menurut dia, pemerintah telah menyelesaikan rencana aksi kemitraan strategis komprehensif 2020-2024. Jokowi mengajak Australia berkolaborasi memperkuat kemitraan dengan negara Pasifik Selatan, terutama di isu kelautan dan perubahan iklim.

Indonesia, jelas dia, ingin menjadikan Australia sebagai salah satu mitra penting di bidang investasi dan pendidikan. Masalah ini menjadi salah satu poin dalam IA-CEPA.

“Saya senang mendengar bahwa Yang Mulia berkeinginan untuk lebih meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik melalui pembentukan Regional Trade Task Force di Partai Buruh,” pungkas dia.

Usai bertemu Ketua Oposisi Australia, Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Ketua DPR Australia, Tony Smith. Kepala Negara juga bertemu Ketua Senat Australia Scott Ryan.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : ANTARA News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *