Kota Venesia Ditutup Demi Penjinakan Bom Perang Dunia II

Kota air Venesia, Italia, terpaksa ditutup dan warganya dievakuasi demi penjinakan bom era Perang Dunia II.

Operasi penjinakan itu berlangsung di Dermaga Marghera, sebuah kawasan industri yang terpisah dari kota Venesia oleh perairan. Meski demikian, demi mengantisipasi hal buruk sekitar 3.500 warga Venesia pun dievakuasi sementara, Minggu (2/2) pagi.

Selain itu operasional perahu atau gondola, kereta, dan bus dihentikan semua selama operasi tersebut. Pesawat pun dilarang melintasi udara dari dan ke Bandara Marco Polo kurun waktu 8.30-12.30 waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, bom sisa perang dunia II yang dijinakkan itu beratnya mencapai 225 kilogram yang terdiri atas 129 kilogram TNT. Bom itu ditemukan saat proses penggalian pada Januari lalu.

Dua fase pertama operasi penjinakan-yakni evakuas dan pencabutan inti dari bom-dinyatakan otoritas yang berwenang berhasil dilakukan.

Komandan Resimen Militer yang melakukan pengerjaan operasi penjinakan tersebut, Gianluca Dello Monacco, mengatakan meski inti bom telah dicabut, nyatanya, “Ini masih berisiko tinggi meledak.”

Oleh karena itu, kata dia, bom tersebut akan dibawa ke perairan terbuka dan diledakkan di dalam air oleh penyelam yang membawanya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,Linke
dIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *