Jenazah Gus Sholah Diberangkatkan ke Jomban

Jenazah Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah dibawa meninggalkan rumah duka di Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, untuk selanjutnya diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur.

Pantauan CNNIndonesia.com, jenazah dibawa menggunakan mobil jenazah sekitar pukul 08.38 WIB. Tampak keluarga dari Gus Sholah turut dalam keberangkatan itu.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di Kompleks pemakaman Tebu Ireng pada Senin, sekitar pukul 16.00 WIB.

Putra dari Gus Sholah, Ipang Wahid, semalam mengatakan Gus Sholah rencananya dikebumikan di samping makam kakaknya, Gus Dur, yang wafat pada satu dasawarsa lalu.

Sebelum dibawa meninggalkan rumah duka, beberapa tokoh sempat melayat ke kediaman Adik Kandung Gus Dur ini seperti Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, serta beberapa menteri dari Kabinet Kerja.

Hadir juga ke rumah duka Menteri Agama Fachrul Razi hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Selain sederet menteri kabinet kerja, hadir juga Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

“Intinya beliau banyak menyampaikan mengenai keislaman, keindonesiaan,” ujar Jokowi kepada wartawan usai melayat.

Sementara itu Prabowo mengatakan kedatangannya sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk sang ulama.

“Hari ini saya datang memberikan penghargaan, penghormatan terakhir saya. Kita kehilangan tokoh nasional, tokoh Islam, tokoh bangsa yang sangat penting, kita merasa kehilangan, semoga beliau diterima di sisi Allah SWT,” kata Prabowo.

Gus Sholah berpulang pada usia 77 tahun setelah mendapat perawatan karena sakit di RS Jantung Harapan Kita Jakarta. Pada Minggu (2/2), putra Gus Solah, Irfan As’ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid dalam akun twitternya @ipangwahid mengabarkan meninggalnya Gus Sholah. Menurut Ipang, Pengasuh Pesantren Tebuireng itu wafat pada pukul 20.55 WIB.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : IDN Times

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,Linke
dIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *