Virus Korona: Bandara di Sejumlah Negara Perketat Pemeriksaan

Sejumlah negara memperketat pemeriksaan di bandara mereka masing-masing dalam mengantisipasi penyebaran virus korona tipe terbaru yang berasal dari Tiongkok. Virus yang mirip dengan penyebab penyakit SARS ini telah menjangkiti 440 di seantero Tiongkok.

Tidak hanya di Tiongkok, virus korona terbaru itu juga terkonfirmasi muncul di Korea Selatan, Thailand, Jepang dan Amerika Serikat.

Berikut sejumlah negara yang memperketat pemeriksaan atas virus korona,dirilis dari Guardian, Rabu 22 Januari 2020:

Tiongkok
Tiongkok dikecam keras karena sempat menyembunyikan informasi terkait wabah SARS di tahun 2003. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka jumlah korban tewas dari wabah tersebut tidak akan terlalu tinggi.

Kali ini, Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memerintahkan jajarannya untuk berusaha sekuat tenaga mengatasi penyebaran virus korona terbaru. “Instansi pemerintah di semua level harus memprioritaskan kesehatan dan nyawa masyarakat,” tutur Xi.

Di bandara Wuhan, temperatur semua penumpang diperiksa. Wuhan merupakan kota yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus korona terbaru. Semua pegawai yang bergerak di layanan publik di Tiongkok, mulai dari polisi hingga pegawai bank, mengenakan masker sebagai bentuk pengaman terhadap penyebaran virus.

Jepang
Satu kasus virus korona terbaru telah terkonfirmasi di Jepang. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan pemeriksaan di sejumlah bandara dan titik masuk lainnya. Semua penumpang dari Wihan harus mengisi formulier kesehatan saat memasuki Jepang.

Tokyo telah memonitor 41 orang yang pernah melakukan kontak dengan satu pasien terkonfirmasi virus korona. Sejauh ini, tidak ada dari mereka yang mengalami demam, kesulitan bernapas atau gejala lainnya dari penyakit tersebut.

Hong Kong
Selain meningkatkan pengawasan, langkah pembersihan dan penyemprotan disinfektan telah dilakukan di sejumlah bandara dan stasiun kereta api. Semua penumpang dari Wuhan juga diperiksa secara seksama. Otoritas Hong Kong mengaku telah mempersiapkan diri menghadapi skenario terburuk dari penyebaran virus ini.

Amerika Serikat
Pemeriksaan terhadap virus korona telah dimulai di tiga bandara yang melayangi penerbangan asal Wuhan: Ketiga bandara itu adalah Bandara Internasional John F Kennedy, San Francisco dan Los Angeles.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah mengembangkan sebuah tes yang dapat mendeteksi virus korona baru. CDC berencana berbagi teknologi ini dengan mitra domestik dan internasional.

Korea Selatan
Di bandara Incheon dekat Seoul, satu-satunya yang melayani penerbangan langsung dari Wuhan, otoritas terkait telah mengoperasikan dua gerbang khusus untuk penumpang yang datang dari kota tersebut sejak 3 Januari.

Nigeria
Nigeria, salah satu mitra dagang terbesar Tiongkok di benua Afrika, telah meminta semua penumpang dari Wuhan untuk melapor ke sebuah fasilitas medis jika mereka merasa sakit.

India
India mengumumkan pada Selasa kemarin bahwa pihaknya akan meningkatkan pemeriksaan temperatur tubuh bagi penumpang asal Tiongkok, termasuk Hong Kong, di tujuh bandara. Pemeriksaan ini akan dilakukan di bandara Chennai, Bengaluru, Hyderabad, Cochin, Delhi, Mumbai dan Kolkata.

Indonesia
Bandara Soekarno Hatta di Tangerang dan Bandara Adisutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta telah memperketat pemeriksaan penumpang di terminal kedatangan internasional. Semua penumpang, tidak hanya yang berasal dari Tiongkok, akan diperiksa saat memasuki terminal internasional.

 

 

 

 

Sumber : .medcom.id
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *