Ribuan Warga Palestina Ikut Parade Natal untuk Tebar Harapan

Ribuan warga Palestina dilaporkan mengikuti parade perayaan Hari Natal di Kota Ramallah, Tepi Barat, pada Senin (23/12). Warga Palestina menyebut parade itu dilakukan sebagai upaya menyebarkan pesan harapan dari Palestina ke dunia.

Sebagai bagian dari perayaan Hari Natal nasional, warga Palestina baik dari kalangan tua maupun muda bergabung dalam pawai yang dipimpin oleh kelompok pramuka di pusat kota. Para peserta pawai juga turut menyanyikan lagu-lagu Natal.

Gubernur Ramallah, Laila Ghannam, mengatakan parade Natal ini mencerminkan bahwa “warga Palestina ingin dilihat dunia.”

“Ini adalah hari libur nasional bagi kami semua, di mana kami ingin mengirim pesan ke seluruh dunia bahwa kami semua layak memiliki negara sendiri dan pantas mendapat dukungan dari semua pencinta kebebasan bagi mereka yang menderita setiap hari tetapi tidak pernah kehilangan harapan,” kata Ghannam.

Salah seorang warga Ramallah yang mengikuti pawai, Raed Shraydeh, menyatakan ia dan keluarganya puas dengan gelaran parade Natal tersebut.

“Ini cara baik agar membuat orang ma bergabung dalam perayaan liburan dan menumbuhkan pandangan optimistis tentang masa depan,” kata Shraydeh seperti dikutip kantor berita Xinhua pada Selasa (24/12).

Sementara itu, seorang pastor paroki Gereja Katolik Ramallah, Jamal Duaibes, menuturkan parade ini menunjukkan seberapa besar warga Palestina merindukan harapan dan kebahagiaan di tengah perjuangan mereka sehari-hari di bawah pendudukan Israel.

“Ini adalah pesan yang jelas bahwa kami ingin merayakan kebahagiaan Natal. Kami ingin menyebarkan sukacita ini dan pesan Natal,” tutur Duaibes.

Hari Natal di Palestina memang dianggap lebih sebagai acara nasional daripada hari raya keagamaan karena Yesus Kristus diyakini lahir di Kota Bethlehem, Tepi Barat, Palestina.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : cnnindonesia.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *