Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Tuscany Italia

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Mugello, Tuscany, Italia, Senin 9 Desember 2019. Guncangan membuat sejumlah warga berlarian ke jalan, namun tidak terlalu menimbulkan kerusakan bangunan.

Menurut data Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi (INGV), episenter gempa berlokasi sekitar 31 kilometer dari Florence. Gempa terjadi pukul 04.37 waktu setempat, usai berlangsungnya beberapa gempa kecil.

Saat kejadian, hujan deras melanda Mugello. “Gempa berlangsung cukup lama, terutama yang pertama. Barang-barang berjatuhan di sebuah supermarket,” kata Filippo Carla Campa, Wali Kota Vicchio, dilansir dari AFP.

Seorang warga Barberino del Mugello mengaku melihat tetangganya panik dan berlari keluar rumah. “Sejumlah lukisan berjatuhan dari dinding, buku-buku juga demikian,” ucapnya kepada media Rai 24.

Di Barberino del Mugello, tembok sebuah gereja abad ke-17 mengalami retak di salah satu sudut ruangan.

Sejumlah sekolah di Tuscany ditutup akibat gempa ini, dan beberapa perjalanan kereta melalui Florence juga dibatalkan atau ditunda.

Italia sering diguncang aktivitas seismik, yang beberapa di antaranya berujung kehancuran. Rangkaian gempa di Italia pada akhir 2016 dan awal 2017 telah menewaskan 300 orang.

Pada 1919, wilayah pusat Italia pernah diguncang gempa yang menewaskan 100 orang.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Indonesia Inside

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *